real
        time web analytics

Info

Tahu Enggak, Profesi Dietitian Ngapain Aja?


TOPCAREER.ID – Tahu enggak ada profesi dietitian? Dari namanya, mungkin pekerjaan yang ada kaitannya dengan diet.  Pekerjaan ini tidak main-main, butuh lisensi untuk menangani pola makan dan nutrisi pada individu. 

Dilansir dari Hallo Sehat, Dietitian yang berlinsensi ini merupakan ahli gizi dan nutrisi yang telah melalui penyetaraan formal gelar RD (Registered Dietitian), menjadikan mereka sebagai satu-satunya tenaga kesehatan profesional yang menaksir, mendiagnosis, menangani masalah pola makan dan nutrisi pada level individual maupun isu kesehatan masyarakat yang lebih luas.

“Dietitian terdaftar harus menerapkan pengetahuan yang didukung oleh bukti-bukti, penelitian dan uji coba, dan bukan menggunakan saran yang didasarkan pada pendapat dan keyakinan pribadi atau atas apapun yang memungkinkan mereka mendapat keuntungan finansial,” tertulis dalam Hallo Sehat.

Dietitian terdaftar bekerja di fasilitas kesehatan milik negara, swasta, industri, pendidikan, penelitian, olahraga, media, hubungan masyarakat, penerbitan, kementerian kesehatan, dan organisasi non-pemerintah (LSM). 

Siapa saja yang berhak menjadi dietitian?

Dietitian terdaftar (RD) adalah satu-satunya ahli gizi dan nutrisi yang didukung oleh hukum (Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 26 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan dan Praktik Tenaga Gizi; Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2014 tentang upaya perbaikan gizi Pasal 30-31), dan diatur oleh kode etik untuk memastikan mereka bekerja memenuhi standar tertinggi.

Di Indonesia, seorang dietitian adalah tenaga kesehatan profesional yang memiliki kualifikasi universitas terakreditasi: di Akademi Gizi (B.Sc Gizi), Diploma III Gizi (Ahli Madya Gizi), Diploma IV Gizi (Sarjana Terapan Gizi) atau Strata Satu Gizi (S.Gz), termasuk 5 tahun pengalaman kerja secara mandiri di fasilitas pelayanan kesehatan atau bekerja di fasilitas pelayanan gizi lainnya di instansi dan komunitas berbeda.

Sama seperti tenaga profesional kesehatan berlisensi lainnya, seorang dietitian diwajibkan untuk melaksanakan praktek secara etis dan mengikuti ujian perkembangan tahunan untuk memastikan kemampuan mereka terbaharui.

Carilah gelar “ahli gizi terdaftar” atau inisial RD. di depan nama ahli gizi tersebut untuk memastikan Anda mengakses seorang profesional berlisensi yang dapat menyediakan Anda dengan informasi dan saran gizi terpercaya. 

 

Rekomendasi

Terkait