real
        time web analytics

Info

Tantangan di Balik Pembuatan Musik Film Black Panther


TOPCAREER.ID – Ludwig Goransson sebagai komposer film mengaku bahwa ada tantangan besar yang ia hadapai ketika melakukan scoring (musik) film Black Panther. Tantangan itu terkait musik tradisional Afrika yang ada di dalam film. 

Menurut Ludwig dalam laman The Hollywood Reporter, tantangannya adalah menjadikan musik tradisional Afrika sebagai basis besar dalam scoring. Ludwig dan sang sutradara, Ryan Coogler kerap bolak balik mendiskusikan hal ini agar menciptakan scoring yang khas. 

“Bagian yang sangat menantang adalah bagaimana Anda memasukkan orkestra ke dalam ini? Karena kami masih membutuhkan sentuhan sinematik dari orkestra tradisional Eropa. Tetapi bagaimana Anda memasukkannya ke dalam musik tradisional Afrika tanpa merusak musik Afrika,” ucap Ludwig.

Ia mengaku butuh waktu lama untuk mencari tahu cara-cara itu agar menghasilkan scoring yang menyentuh selama film berlangsung. 

Tantangan lainnya yang harus dihadapi Ludwig, yakni musik-musik Afrika cenderung memiliki banyak ritme yang rumit. Ia memilik kesulitan ketika menuliskannya. Ludwig mengatakan bahwa ada sistem ritme yang rumit untuk menulis musik Afrika.

“Saya harus mempelajari kembali cara saya menulis untuk orkestra karena sebagai orang Eropa Barat, Anda selalu memikirkan segala sesuatu dalam harmoni dan melodi, dan dalam musik tradisional Afrika, semuanya tentang ritme,” ujarnya. 

Untuk diketahui, scoring musik di sini tentu berbeda dengan soundtrack film ya. Kalau soundtrack film itu musik yang diputar dari awal sampai akhir, mirip jingle karena ada melodi serta liriknya. Sementara, scoring adalah music yang mengikuti pergerakan gambar.

 

Rekomendasi

Terkait