real
        time web analytics

Info

Tantangan Kerja Bagi Konsultan Lingkungan


TOPCAREER.ID – Biasanya perusahaan yang mengupayakan pelestarian lingkunagn, akan membuat program atau prosedur untuk menangani dampak lingkungan yang terkait. Tak jarang di antaranya akan menemui beberapa kendala. Kendala itu yang menjadi tantangan bagi para konsutan lingkungan. 

Salah seorang konsultan lingkungan, Dr. Anthony Maranto yang lebih dari 15 tahun mempunyai pengalaman profesional sebagai peneliti, pendidik, dan manajer lingkungan di Amerika Serikat ini membagikan tantangan apa yang kerap ia temui ketika bekerja sebagai konsultan lingkungan. 

“Sebagian besar tantangan profesional saya berurusan dengan membantu klien saya mengelola kendala terprogram mereka sendiri. Di dunia yang sempurna, ada sedikit argumen tentang bagaimana menangani masalah lingkungan,” kata Dr. Anthony dalam laman Enviro Education.

Menurutntya, tidak ada yang menginginkan udara atau air yang tercemar. Semua orang ingin melestarikan keanekaragaman hayati dan sumber daya alam.  Namun, tantangan terbesar berfokus pada pendanaan, waktu, dan sumber daya. 

Sebagai education & career guidance dalam environmental consulting, Dr. Anthony mengaku bahwa hal-hal seperti pendanaan serta sumber daya merupakan kendala yang sama yang mengganggu semua masalah lingkungan. 

“Apa yang saya coba bantu klien saya lakukan adalah memprioritaskan sumber daya mereka sehingga mereka dapat melakukan yang terbaik dengan waktu dan uang yang tersedia,” ujar dia. 

Seperti yang dapat Anda bayangkan, ketika ada prioritas kompetitif penting lainnya, seringkali dapat menjadi tantangan untuk membantu klien mempertahankan proyek lingkungan mereka. 

Kunci keberhasilan dalam situasi semacam itu, lanjut dia, adalah dengan jelas menjabarkan semua opsi dan mengaitkan risiko dan manfaat relatif dari setiap tindakan. Dalam jangka pendek, pengelolaan lingkungan membutuhkan biaya. 

“Tidak ada keraguan tentang itu; tetapi, jika Anda dapat menunjukkan bagaimana suatu proyek lingkungan dapat benar-benar menghemat uang klien dalam jangka panjang, mengurangi kewajiban kepatuhan, atau bahkan menjadi manfaat bagi misi mereka, Anda telah menempuh jalan panjang dalam membantu mereka membuat keputusan yang benar-benar terinformasi.”

 

Rekomendasi

Terkait