real
        time web analytics

Info

Tata Cara Berkomunikasi Lewat Pesan Teks di Dunia Kerja


TOPCAREER.ID – Meski cara bekomunikasi makin mudah lewat beragam aplikasi pesan, tapi tetap jangan remehkan tata cara berkomunikasi di dunia pekerjaan. Cara berkomunikasi dengan klien tentu akan berbeda ketika berkomunikasi dengan teman, meski sama-sama lewat pesan instant.

Ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan bila berkomunikasi via pesan teks di dunia pekerjaan, berikut penjelasannya seperti dilansir dari Fimela.

1. Ucapkan salam 

Salam pembuka jangan sampai diremehkan begitu saja. Kalimat untuk salam bisa disesuaikan sesuai kebutuhan atau kepentingan. Sekadar "selamat pagi" atau "halo" bisa jadi salam pembuka yang cukup mudah diterima. Sebuah kalimat salam yang singkat sudah bisa jadi tanda kalau kita menghormati klien atau rekan kerja yang kita ajak berkomunikasi.

2. Perkenalkan diri

Untuk yang baru akan menjalin komunikasi atau baru pertama kali mengirim pesan dengan calon klien baru misalnya, penting untuk memperkenalkan diri. Sebutkan nama, asal (dari kantor atau perusahaan apa), dan maksud tujuan Anda secara singkat. Kalau tak memperkenalkan diri, si penerima pesan bakal bingung dan mengabaikan pesan kita.

3. Gunakan bahasa yang baik dan benar

Hindari penggunaan singkatan atau bahasa gaul saat membicarkan soal pekerjaan. Demi menjaga profesionalisme dan kelancaran kerja, bahasa yang dipakai sebaiknya bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

4. Biasakan berterima kasih

Akhiri percakapan dengan mengucapkan terima kasih. Sekecil apapun bantuan dan kerja samanya, penting untuk mengucapkan terima kasih sebagai bentuk apresiasi. Apalagi kalau urusan pekerjaan bakal dilakukan dalam jangka panjang, maka penting untuk membiasakan berterima kasih dalam berkomunikasi.

5. Komunikasi pada hari kerja atau jam kantor

Kurang sopan rasanya kalau mengirim pesan untuk urusan pekerjaan pada larut malam saat klien sedang istirahat (kecuali sebelumnya memang sudah ada kesepakatan khusus). Waktu yang paling ideal untuk membicarakan soal pekerjaan ada pada hari kerja atau jam kantor.

 

Rekomendasi

Terkait