real
        time web analytics

Info

Teknik Pencahayaan Dasar yang Bikin Video Makin Bagus


TOPCAREER.ID – Untuk mendapatkan kualitas video dan film yang baik, teknik pencahayaan atau lighting menjadi hal yang penting. Penggunaan lighting yang benar dapat membangun mood yang cocok pada sebuah video karena hal tersebut berpengaruh pada unsur bayangan, tingkat kekontrasan, serta pewarnaan. 

Berikut ini, akan dijelaskan mengenai tiga teknik pencahayaan dasar untuk kualitas video yang baik dilansir dari laman Kinibisa.

1. Key Light

Key Light merupakan kunci utama dari teknik pencahayaan ini. Pencahayaan diarahkan dari sisi samping di depan objek yang akan diambil. Cahaya yang datang dari key light merupakan cahaya dominan dalam setting adegan.

Pada pengambilan gambar secara out-door, key light yang merupakan pencahayaan utama datang dari cahaya matahari. Sehingga, pencahayaan lainnya harus melengkapi sesuai dari arah yang berlawanan dari sinar matahari sebagai cahaya utama.

2. Fill Light

Fill Light adalah cahaya pengisi di bagian yang berlawanan dari key light. Jadi, jika key light datang dari arah kiri, maka fill light datang dari arah kanan. Biasanya, intensitas cahaya dari fill light harus lebih redup dibandingkan cahaya key light.

Fungsi fill light adalah untuk mengisi bagian yang berlawanan dari sisi datangnya key light, sehingga bayangan pada salah satu sisi objek dapat dihilangkan. Tanpa adanya fill light, objek yang disorot akan memiliki bayangan di salah satu sisi yang disebut dengan chiaroscuro.

3. Back Light

Back light adalah pencahayaan yang disorot dari belakang objek benda. Hal ini dilakukan untuk mempertegas perbedaan objek yang disorot dengan latar belakang. Sehingga, dimensi ruang secara tiga dimensi dapat lebih terlihat pada gambar tersebut.

 

Rekomendasi

Terkait