real
        time web analytics

Info

Trik Tampilan yang Bisa Bikin HRD Terkesan


TOPCAREER.ID – Butuh persiapan untuk menghadapi HRD saat bertemu dalam interview kerja. Pakaian dan dandanan harus diperhatikan untuk meraih perhatin baik dari HRD. Berikut tips dandan yang bisa bikin HRD terpesona dengan Anda ketika interview kerja.

1. Tatanan rambut 

Jika Anda memiliki rambut panjang, ikatlah dengan gaya ponytail atau kuncir kuda. Kalau rambut pendek, pastikan bentuknya tidak berantakan, tata rambut supaya tidak keluar-keluar dan lepek. Pergunakan hair dryer atau catok diperlukan untuk menahan model rambut.

2. Pemilihan warna untuk makeup 

Coba aplikasikan warna-warna segar dan alami untuk tata rias wajah. Setidaknya, pastikan Anda tidak terlihat pucat, tapi tak juga menor  Misal, untuk lipstik bisa memilih warna-warna yang serupa warna asli bibir, seperti pink, cokelat, atau coral. Tapi, pastikan tone yang digunakan bukanlah yang pucat. 

Warna eyeshadow juga netral dan matte seperti champagne, bone, soft brown, soft taupe, cokelat, atau abu-abu. Kemudian blush on, bisa diutamakan warna pink atau peach. Pengaplikasiannya pun dilakukan secara ringan saja agar tidak ada kesan menor.

3. Outfit yang dikenakan

Sebelumnya, Anda perlu mengetahau dulu melamar di perusahaan seperti apa. Jika melamar ke perusahaan yang cukup formal, coba pakai busana seperti setelan, blazer, rok, atau gaun cantik. Pakaian-pakaian tersebut bisa menimbulkan tampilan profesional. Jangan lupa! Hindari baju berleher rendah, rok mini, dan aksen-aksen pakaian yang terlalu terbuka. 

4. Aksesori dan alas kaki

Aksesoris yang menempel di badan perlu diperhatikan, jam tangan masih dapat digunakan. Sementara perhiasan, hindari yang mencolok dan terlalu bling-bling. Untuk alas kaki, tidak perlu menggunakan high heels. Apalagi kalau membuat tersiksa karena lecetnya kaki. Sepatu flat pun bagus, asal tidak terkesan terlalu kasual dan sporty. 

Sementara jika melamar pada perusahaan atau posisi kreatif, Anda bisa menjadi diri sendiri. Tunjukkanlah warna dan kepribadian yang mendukung kerja.

5. Aroma tubuh 

Penggunaan deodoran dan parfum sebelumnya cukup penting. Pakailah deodoran pada ketiak agar segar, kering, dan tidak menimbulkan burket yang bisa membuat HRD tak nyaman hingga kesan buruk muncul dari Anda.

Untuk kenyamanan ekstra, lakukan perlindungan kedua dengan menyemprotkan parfum. Pilih yang aromanya lembut dan tidak terlalu kuat. 

6. Napas segar

Tak cuma badan, napas pun harus dipastikan segar. Bila tidak memungkinkan berkumur, bawalah permen mint dalam saku atau tas. Jangan merokok paling tidak 30 menit sebelum wawancara.

 

Rekomendasi

Terkait