real
        time web analytics

Info

Tugas Serta Peran Ahli Gizi


TOPCAREER.ID – Jika dilihat secara singkat, pekerjaan ahli gizi, yakni melaksanan pelayanan gizi kepada masyarakat atau individu. Tapi, apa tugas dan peran ahli gizi lebih jauh ya? Berikut ulasan tugas ahli gizi atau nutritionist, seperti dilansir dari laman Alodokter.

Tugas dan Peran Ahli Gizi

Ahli gizi berperan penting dalam meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit pada individu dan masyarakat. Dalam melaksanakan pelayanan gizi, ahli gizi dapat menjalankan praktik pelayanan gizi baik secara mandiri, atau bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas, klinik, dan rumah sakit. 

Para ahli gizi ini juga bisa menjadi konsultan gizi dalam sebuah organisasi, komunitas, proyek bantuan atau amal, dan penelitian. Dalam melaksanakan pelayanan gizi di fasilitas pelayanan kesehatan, ahli gizi terlibat dalam beberapa hal berikut ini:

- Memberikan pelayanan konseling, edukasi gizi, dan tata cara diet.

- Menentukan status gizi, faktor yang berpengaruh terhadap gangguan gizi, dan status gizi.

- Menegakkan diagnosis penyakit terkait masalah gizi berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan penelusuran riwayat medis yang dilakukan.

- Menentukan tujuan dan merencanakan intervensi gizi dengan menghitung kebutuhan zat gizi, bentuk makanan, jumlah serta pemberian makanan yang sesuai dengan kondisi pasien.

- Merancang dan mengubah susunan diet, dan menerapkannya mulai dari perencanaan menu hingga saran penyajian makanan.

- Melakukan penelitian dan pengembangan gizi sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hingga menyelenggarakan administrasi pelayanan gizi.

Kondisi Kesehatan Khusus yang Memerlukan Ahli Gizi

Tak hanya membantu merencanakan pola dan menu makan terbaik untuk program diet atau penurunan berat badan serta tubuh yang lebih sehat, konsultasi ke ahli gizi mungkin perlu dilakukan orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti:

- Diabetes

- Kanker

- Malnutrisi, baik karena gizi buruk ataupun obesitas

- Gangguan sistem kekebalan tubuh

- Penyakit pada sistem pencernaan

- Penyakit jantung

- Tekanan darah tinggi

- Kolesterol tinggi

- Penyakit ginjal dan hati

- Kehamilan dan menyusui

 

Rekomendasi

Terkait