real
        time web analytics

Info

Wah Gawat, Akuntan Berpotensi Tergantikan Robot


TOPCAREER.ID – Kemajuan teknologi dalam beberapa tahun belakangan memunculkan peluang dan risiko tersendiri bagi beberapa profesi. Salah satu risiko yang dihadapi adalah adanya kemungkinan tergusurnya akuntan oleh artificial intelligence (AI).

Pendapat tersebut dikemukakan Menteri Keuangan Sri Mulyani beberapa waktu lalu. Menurutnya tak memungkiri suatu saat nanti pekerjaan para akuntan terancam digantikan oleh mesin atau artificial intelligence (AI).

"Kalau bicara teknologi digital di mana semua digital footprint gampang di capture. Maka konsep reporting analisis bisa mengalami perubahan. Makanya profesi yang bisa tergantikan oleh AI adalah akuntan," ujarnya.

Menghadapi tantangan ini, Menteri Sri Mulyani meminta para akuntan perlu berevolusi. Dia meminta tata kelola dan akuntabilitas mampu berdaya saing mengiringi perkembangan industri yang kian masif.

"Dengan konteks teknologi terus berubah, maka what next tata kelola dan akuntabilitas. Presiden selalu tekankan kita harus bangun banyak SDM melalui pelatihan. Jangan sampai nanti ada akuntan baru yang tergantikan. Ini PR yang sangat serius," jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga ingin, para akuntan mampu menyederhanakan produk-produk akuntansi. Sehingga masyarakat awam bisa lebih mudah memahami akuntansi.