real
        time web analytics

Info

Waspada Kanker Tulang


TOPCAREER.ID -  Kanker tulang termasuk kanker yang tergolong langka dan sulit disembuhkan serta dapat menyebabkan kematian. Karenanya, kamu patut mewaspadai penyakit ini.

Kanker tulang terjadi akibat adanya sel tulang yang bertumbuh tidak normal. Penyakit ini dapat dialami sejak usia anak hingga dewasa terutama pada perempuan usia produktif, yaitu usia 21-35 tahun.

Sementara itu untuk anak-anak yang memiliki riwayat kanker pada retina atau selaput jala mata (retinoblastoma) dan melakukan terapi kanker sejak kecil mempunyai risiko terkena kanker tulang.

Kanker tulang termasuk sulit dideteksi dini. Penyebab kanker tulang sampai saat ini masih belum diketahui. Manager Medical Underwriter Sequis Life Fridolin Seto Pandu, mengatakan kanker tulang biasanya terkait faktor genetik, penyakit paget atau tulang rapuh akibat jaringan tulang baru secara perlahan menempati jaringan tulang lama (Paget’s disease), riwayat kanker mata (retinoblastoma), dan ada riwayat penyakit lainnya yang berkaitan dengan paparan sinar radiasi tinggi.

Ada beberapa kanker tulang yang dikenal, yaitu kanker tulang primer yang terbentuk dari sel-sel tulang dan pertama kali muncul di jaringan tulang, misalnya, Osteosarcoma (osteogenic sarcoma) yang berasal dari sel tulang. Kanker tulang ini paling agresif dan paling banyak ditemukan, terutama pada pria usia 10-30 tahun. 

Ada juga jenis lainnya yang disebut Chondrosarcoma, berasal dari tulang rawan. Jenis ini lebih sering ditemukan pada perempuan usia di atas 40 tahun. Selanjutnya, kanker Sarcoma Ewing, berkembang di tulang dan dapat juga berawal dari jaringan atau organ lain. Jenis ini banyak ditemukan pada usia anak hingga dewasa muda.

Kanker tulang juga bisa merupakan kanker sekunder atau metastasis yang awalnya kanker terjadi di sel atau jaringan lain di tubuh kemudian menyebar ke tulang misal kanker prostat, payudara, usus, dan paru kemudian menyebar ke tulang.

Rekomendasi

Terkait