real
        time web analytics

Info

Waspadai 6 Kesalahan dalam Penggunaan Kartu Kredit


TOPCAREER.ID – Menyenangkan memang ketika kartu kredit ada di tangan, lantaran banyaknya kemudahan yang ditawarkan. Namun, pemakaian kartu kredit tetap perlu diwaspadai. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kartu kredit tidak jadi bumerang bagi kondisi keuangan Anda.  

Dilansir dari The Balance, berikut ini adalah 6 kesalahan dalam penggunaan kartu kredit yang harus Anda hindari.   

1. Telat bayar tagihan

Jangan sampai tenggat waktu pembayaran tagihan kartu kredit Anda lewat begitu saja. Bayarlah tagihan tepat waktu, bila perlu buatlah pengingat di ponsel Anda. Sebab, keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit akan membuat Anda kena denda. 

Besaran denda tergantung berapa lama Anda menunggak tagihan. Selain itu, keterlambatan membayar juga berdampak pada skor kredit dan tingkat kepatuhan Anda di mata bank.     

2. Meminjamkan kartu kredit

Ketika Anda meminjamkan kartu kredit Anda ke orang lain, Anda tidak bisa mengontrol belanja yang dilakukan. Sementara, tagihan tetap jalan. Jadi, jangan pernah meminjamkan kartu kredit Anda kepada orang lain, kecuali sudah mempersiapkan diri untuk membayar semua tagihan atas belanja si peminjam.    

3. Tidak membaca surat tagihan 

Apabila Anda tidak membuka dan membaca surat tagihan kartu kredit, maka bisa saja Anda lupa membayar tagihan sesuai waktu yang telah ditentukan. Bisa juga Anda membayar tidak sesuai dengan jumlah yang tertera. Selain itu, tidak membaca surat tagihan kartu kredit juga bisa membuat Anda melewatkan pengumuman penting terkait perubahan pada syarat dan ketentuan.    

4. Menunda lapor ketika kartu kredit hilang   

Ketika Anda kehilangan kartu kredit, maka segera melapor. Semakin lama Anda melapor, maka sang pencuri memiliki peluang yang besar untuk menyalahgunakan kartu kredit Anda. Jika Anda melaporkan kartu kredit dengan segera, Anda tidak akan bertanggung jawab atas tagihan tersebut.   

5. Mengajukan terlalu banyak kartu kredit

Jangan mengajukan terlalu banyak aplikasi kartu kredit dalam satu waktu tertentu. Sebab, jika Anda melakukan ini, aplikasi akan sering ditolak. Pasalnya, bank akan mulai curiga lantaran ada bayak aplikasi kredit yang masuk dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu, ajukanlah aplikasi kartu kredit satu per satu sesuai dengan kebutuhan.   

6. Tidak tahu syarat dan ketentuan kartu kredit

Ketika memiliki kartu kredit, pastikan Anda juga mengetahui syarat dan ketentuannya. Semisal, ketahui bagaimana bank penerbit kartu kredit menangani keterlambatan pembayaran.  

 

Rekomendasi

Terkait