real
        time web analytics

Info

WHO Sorot Burnout dalam Pekerjaan


TOPCAREER.ID - Akhir Mei lalu, Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) menyebut burnout sebagai "fenomena kelelahan bekerja". Lembaga ini juga mengklasifikasikannya dalam Penyakit Internasional terbaru, di mana ia digambarkan sebagai sindrom "stres kronis akibat pekerjaan yang belum berhasil dikelola". 

Menurut WHO, burnout memiliki tiga elemen: perasaan lelah, terasing dari pekerjaan dan kinerja yang buruk di tempat kerja. Tetapi menunggu sampai Anda benar-benar kelelahan untuk melakukan sesuatu tentang hal itu sama sekali tidak membantu dan Anda tidak akan menunggu untuk mengobati penyakit lain sampai semuanya terlambat. 

Jadi bagaimana Anda bisa tahu jika Anda hampir - tetapi tidak cukup - kelelahan? "Banyak tanda dan gejala burnout sangat mirip dengan depresi," kata Siobhan Murray, seorang psikoterapis yang berbasis di County Dublin, Irlandia, dan penulis buku tentang kelelahan, The Burnout Solution.

Murray menyarankan agar berhati-hati dengan kebiasaan buruk, seperti konsumsi alkohol yang meningkat dan mengandalkan gula untuk membantu Anda menjalani hari.  Juga waspadai perasaan lelah yang tidak akan hilang.

“Sehingga bahkan jika Anda tidur nyenyak, pada jam 10 pagi Anda sudah menghitung mundur jam untuk tidur. Atau tidak punya energi untuk berolahraga atau berjalan-jalan," ujar Murray. 

Segera setelah Anda mulai merasakan hal ini, Murray menyarankan pergi ke dokter.

"Depresi dan pra-burnout sangat mirip, tetapi seperti antusiasme baru-baru ini bahwa burnout sekarang telah menjadi kondisi medis, yang nyatanya belum - masih diklasifikasikan sebagai fenomena pekerjaan," tegasnya.

Penting untuk mendapatkan bantuan dari seorang profesional medis yang dapat membedakan keduanya, karena meskipun ada banyak pilihan perawatan untuk depresi, kelelahan masih harus ditangani dengan melakukan perubahan gaya hidup. 

Dan bagaimana mengetahui Anda benar-benar berada di puncak kelelahan, atau hanya melalui bulan yang penuh tantangan?

"Stres sangat penting, dan kecemasan adalah yang memotivasi kita untuk melakukannya dengan baik," kata Murray. "Justru ketika kita terus-menerus terpapar stres dan kecemasan, kita tidak melepaskannya, itu mulai berubah menjadi stres yang kronis." 

Lakukan proyek besar yang sedang Anda kerjakan. Adalah normal untuk merasakan tendangan adrenalin ketika Anda memikirkannya, dan mungkin itu membuat Anda terjaga di malam hari.

Tapi, Murray menyarankan, jika Anda masih merasa gelisah setelah selesai melakukan pekerjaan, saatnya untuk mempertimbangkan mungkin saja Anda berisiko kelelahan. 

"Itu ketika Anda membawanya ke tahap berikutnya hari Anda, dan menambahkannya terus-menerus," katanya

Tanda klasik lain yang semakin mendekati burnout adalah sinisme: merasa seperti pekerjaan Anda hanya memiliki sedikit nilai, menghindari komitmen sosial, dan menjadi lebih rentan terhadap kekecewaan. 

"Seseorang di ambang kejenuhan mungkin akan mulai merasa mati rasa secara emosional atau terasing," kata Jacky Francis Walker, seorang psikoterapis yang berbasis di London yang berspesialisasi dalam burnout. 

Dia juga merekomendasikan untuk mencari tanda burnout, yang merupakan perasaan tak tergoyahkan bahwa kualitas pekerjaan Anda mulai menurun.

"Orang bilang 'tapi ini bukan aku!', 'Aku tidak seperti ini', 'Aku biasanya bisa melakukan x, y dan z'. Tetapi jelas jika mereka dalam kondisi kelelahan secara fisik, maka mereka tidak berada dalam kisaran kemampuan normal mereka," kata Walker.

Rekomendasi

Terkait