real
        time web analytics

Info

Yuk, Cegah Kolesterol Naik Saat Lebaran


TOPCAREER.ID – Jangan sampai momen lebaran jadi ajang makan besar sampai lupa diri dan akhirnya malah menimbulkan beragam penyakit,salah satunya kolesterol. Penting sekali untuk menjaga tingkat kolesterol tubuh terutama saat Lebaran seperti ini. Seperti melansir dari Boldsky, berikut lima cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kolesterol naik. 

1. Perbanyak sayur dan buah

Untuk menjaga tingkat kolesterol tubuh, masukkanlah buah-buahan dan sayuran segar ke dalam konsumsi Anda. Anda juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan. Tomat misalnya mengandung likopen yang membantu untuk menghancurkan kolesterol.

Makanan tersebut memiliki kandungan serat pangan yang tinggi sehingga dapat membantu untuk menghilangkan kolestrol buruk dari tubuh. 

2. Hindari lemak trans

Biasanya lemak trans ada di dalam makanan yang digoreng dan makanan olahan seperti biskuit, kue, daging, keripik dan produk lainnya.

3. Pilih lemak tak jenuh

Saat mencegah kolesterol naik, Anda tidak harus menghilangkan konsumsi lemak. Anda dapat berganti untuk mengonsumsi lemak tak jenuh dan membatasi konsumsi lemak jenuh.

4. Konsumsi serat dan asam lemak omega 3

Serat dibutuhkan bakteri baik dalam tubuh untuk menghilangkan kolesterol buruk. Serupa, asam lemak omega tiga tidak dapat menghilangkan LDC tetapi dapat meningkatkan HDC dalam darah.

5. Olahraga

Olahraga selama beberapa menit setiap hari dapat memiliki dampak yang baik saat Anda memiliki kolestrol tinggi. Olahraga ringan seperti berjalan, berenang dan bersepeda dapat meningkatkan HDC dalam darah. 

Studi pun membuktikan bahwa orang yang berolahraga selama 30 menit paling tidak lima hari seminggu dapat menurunkan kolesterol hanya dalam beberapa bulan.

 

Rekomendasi

Terkait