real
        time web analytics

Info

Anggapan Salah Soal CV, Penelitian Sebut Baiknya Begini


TOPCAREER.ID – Jika kamu sedang mencari pekerjaan, kemungkinan kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan resume atau CV (curriculum vitae). Seperti merapatkan tulisan dan mengecilkan margin untuk membatasi pengalaman dan keahlian unik Anda agar muat ke satu halaman.

Tetapi penelitian baru menemukan bahwa upaya seperti itu mungkin tidak memberi para pencari kerja keunggulan yang mereka harapkan. Itu karena perekrut, secara mengejutkan, 2-3 kali lebih mungkin untuk mempekerjakan seseorang yang mengajukan CV dua halaman dibanding seseorang dengan resume satu halaman yang serupa.

Penelitian yang dilakukan oleh ResumeGo, sebuah resume dan layanan penulisan CV, meminta campuran 482 perekrut, manajer perekrutan, profesional sumber daya manusia dan eksekutif tingkat c-suite untuk meninjau resume satu halaman dan dua halaman untuk kandidat dengan keahlian yang sama, pendidikan dan pengalaman untuk berbagai posisi di tangga perusahaan. 

Baik CV dan deskripsi pekerjaan yang digunakan didasarkan pada kandidat nyata dan lowongan pekerjaan. 

Apa yang ditemukan oleh ResumeGo, terlepas dari kebijaksanaan konvensional yang menyebut para perekrut akan kehilangan kesabaran dengan CV yang panjang. Para profesional yang memilih kandidat resume dua halaman daripada satu halaman. Preferensinya semakin kuat CV-nya maka  semakin senior peran mereka. 

Dari 7.712 CV yang dipilih untuk perekrutan, lebih dari setengahnya, 5.375, adalah dua halaman.

“Apa yang membuat saya frustasi ketika saya pertama kali memasuki industri penulisan resume adalah para ahli membuang-buang kebijaksanaan tanpa memiliki data nyata untuk mendukung saran yang mereka berikan di luar pengalaman pribadi mereka,” kata Peter Yang, CEO Resume Writing Services, perusahaan induk dari ResumeGo.

“Secara tradisional, banyak orang merekomendasikan tetap pada satu halaman resume, kecuali dalam keadaan khusus, seperti jika seorang kandidat memiliki banyak pengalaman dan telah memegang banyak pekerjaan, jadi kami terkejut dengan apa yang dikatakan data," ucapnya dalam CNBC.

Studi ini menemukan bahwa pemula dengan resume yang lebih lama dipilih 58 persen dari waktu vs 42 persen untuk pelamar satu halaman, membuat resume dua halaman 1,4 kali lebih sukses.

Namun, kandidat pekerjaan tingkat menengah 2,6 kali lebih mungkin untuk dipekerjakan jika mereka menyerahkan resume dua halaman, dengan 72 persen dari peran ini diberikan kepada pelamar dengan resume yang lebih lama.

Resume dua halaman akan benar-benar bermanfaat untuk pekerjaan dengan tingkat manajerial. Perekrut 2,9 kali lebih mungkin untuk memberikan peran semacam ini kepada pelamar resume dua halaman, dan melakukannya 74 persen.

 

Rekomendasi

Terkait