real
        time web analytics

Info

Awas Kenali Cacar Monyet


TOPCAREER.ID – Buat kamu yang dalam waktu dekat akan berpergian ke luar negeri patut mewaspadai virus cacar monyet. Seberapa bahayanya virus tersebut?

Seperti diketahui virus cacar monyet saat ini diidentifikasi masuk ke Singapura melalui seorang warga Nigeria.Laki-laki berusia 38 tahun itu disebut telah lebih dulu terinfeksi cacar monyet sebelum mendarat ke Singapura, 28 April lalu. Ia diperkirakan terjangkit virus ini setelah mengkonsumsi daging binatang liar.

Kini sekitar 23 orang yang berinteraksi dengan pria Nigeria itu tengah dikarantina selama 21 hari, sebagai pengawasan penyebaran virus, kata Kementerian Kesehatan Singapura.

Pemerintah di Batam pun menyiagakan ruang isolasi untuk penumpang dari Singapura yang terindikasi mengidap cacar monyet.

Lantas apa itu virus cacar monyet? Penyebaran virus ini pertama kali dilaporkan dari Afrika kawasan barat dan tengah pada dekade 1970-an. Deteksi virus cacar monyet pertama di luar Afrika terjadi di Amerika Serikat, tahun 2003.

September 2018, Inggris mengumumkan kasus cacar monyet pertama di negara mereka, yang diduga berkaitan dengan perjalanan seseorang dari Nigeria.

Otoritas kesehatan Singapura menyebut cacar monyet dapat menyerang manusia antara dua hingga empat pekan.

Gejala awal pengidapnya adalah demam, sakit kepala, dan penyebaran semacam jerawat, yang berisi cairan bening atau nanah, ke berbagai bagian tubuh.

Dikunjungi jutaan orang dari berbagai penjuru dunia, Singapura pernah terjangkit wabah SARS pada awal 2000-an.

Direktur Eksekutif Pusat Penyakit Menular Singapura, Leo Yee Sin, menyebut virus cacar monyet tidak lebih menular ketimbang flu.

Dengan argumentasi itu, seperti dilansir AFP, Leo memperkirakan, "resiko penyebaran cacar monyet di Singapura sangat rendah."

Meski dianggap tidak mematikan, kontak langsung dengan manusia dan hewan yang terjangkit cacar monyet perlu diminimalisasi.

Seberapa berbahaya cacar monyet? Dinas Kesehatan Batam mengategorikan cacar monyet sebagai self-limiting disease atau penyakit yang dapat hilang dengan sendirinya dari tubuh manusia. Cacar air disebut dapat mematikan, jika diidap seseorang yang mengalami komplikasi penyakit.

Bagaimanapun, Badan Kesehatan Dunia (WHO) pernah mendesak otoritas medis di setiap negara untuk segera mengidentifikasi kasus cacar monyet untuk menghentikan potensi wabah.

Masyarakat di kawasan terjangkit cacar monyet diminta menghindari kontak langsung dengan primata, hewan pengerat, dan orang yang tengah mengidap virus tersebut.

Rekomendasi

Terkait