real
        time web analytics

Info

Beda Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika


TOPCAREER.ID – Pesatnya kemajuan teknologi di segala bidang, ikut mempopulerkan jurusan kuliah yang senada, seperti Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Namun, apa yang membedakan keduanya?  Berikut, perbedaannya dikutip dari laman resmi Universitas Bina Nusantara.

Tujuan perkuliahan

Meski dalam hal nama keduanya sedikit memiliki kesamaan, ternyata tujuan perkuliahannya sangatlah berbeda. Kalau berbicara soal Teknik Informatika (TI) tentu dari namanya saja sudah ketahuan kalau ini lebih bersifat teknis. Sedangkan Sistem Informasi (SI), mereka lebih bersifat manajerial.

Jurusan Sistem Informasi memiliki tujuan untuk mencetak para kalangan profesional yang terampil dalam mengaplikasikan teknologi informasi ke dalam bisnisnya. Dan tak hanya mengaplikasikan saja, mereka juga didorong mampu mengembangkan, dan mengelola sistem informasi secara efisien demi kepentingan bisnis.

Tugas-tugas yang paling sering ditemui para lulusan SI di perusahaan-perusahaan biasanya adalah menyusun program kerja, mempersiapkan sistem penilaian kinerja pegawai, hingga mengelola sistem informasi manajemen kepegawaian.

Berbeda dengan Sistem Informasi, kalau Teknik Informatika memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan-lulusan andal dan terampil dalam mengembangkan teknologi informasi dengan menggunakan ilmu komputer.

Jurusan ini akan sering berkutat dengan desain algoritma, aplikasi berbasis kecerdasan buatan, robotika, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan perkembangan komputer di masa yang akan datang. Lulusan TI sangat hatam untuk mengurus aplikasi, mengelola dan merawat sistem data, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan teknis komputerisasi.

Program pendidikan

Dari tujuan perkuliahan saja sudah berbeda, otomatis kurikulum atau program pendidikannya juga berbeda. Materi-materi dan cara belajarnya pun akan bebeda antara jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika.

SI akan lebih menitikberatkan pada bagaimana menjamin teknologi dan sistem informasi yang digunakan oleh industri selaras dengan strategi bisnis, yang diharapkan mampu meningkatkan daya saing dan kompetisi dari bisnis tersebut.

Ilmu yang bakal mereka pelajari adalah tentang teknik mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan perusahaan atau organisasi akan informasi dapat terpenuhi. Artinya, mereka akan lebih banyak mempelajari tentang informasi sebagai sebuah sumber penting untuk proses bisnis.

Sementara untuk TI mereka bakal dijejali dengan ilmu-ilmu pengetahuan seperti logika matematika, komputasi, dan algoritma, yang sering digunakan untuk mengembangkan sebuah program komputer.

Mereka bakal dilatih untuk bisa melakukan pemrograman, menganalisa algoritma, mengenal seluk beluk jaringan komputer dan analisa numerik sistem komputer.

Prospek kerja 

Buat Anda lulusan dua jurusan ini tak usah takut bakal kehilangan pekerjaan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan semua bisnis sudah mulai beralih dari konvensional ke sistem komputer, kedua jurusan ini bakal sering dicari.

Jenjang karier untuk lulusan SI bisa menjadi seorang sistem analis, database administrator, dan juga project management.

Sementara untuk lulusan TI, Anda berkesempatan untuk bekerja menjadi konsultan TI, arsitek ‘cloud’, pengembang aplikasi, pengembang situs web, dan menjadi software engineer.

 

Rekomendasi

Terkait