real
        time web analytics

Info

Cara Atasi Panas pada Smartphone


TOPCAREER.ID – Smartphone yang cepat panas atau overheat biasanya terjadi lantaran beberapa sebab. Untuk mengatasi masalah itu, beberapa vendor smartphone mengandalkan metode pendingin pasif. Dilansir dari How To Geek, berikut hal yang bisa dilakukan untuk atasi panas di smartphone Anda. 

1. Panas karena baterai bengkak 

Pernah mengalami hal ini? Jika muncul retakan pada bodi smartphone akibat baterai menggelembung, ada baiknya untuk menon-aktifkan smartphone. Cobalah untuk tidak menggunakan atau mengisi daya smartphone. 

Jika baterai semakin menggelembung, bawa smartphone ke pusat layanan (service centre) untuk meminta ganti baterai jika memiliki garansi. Buang baterai di pusat daur ulang resmi jika baterai memang harus diganti. 

2. Panas saat pengisian daya 

Smartphone yang panas saat pengisian daya (charging) memang wajar. Namun jika terlalu panas, kemungkinan ada masalah pada charger. Jika smartphone terlalu panas, cabut charger lalu biarkan dingin beberapa saat. Kemudian coba isi daya kembali dengan charger resmi atau charger tidak resmi yang berkualitas tinggi, atau cobalah charger lain yang belum Anda coba. 

3. Panas saat terpapar matahari 

Kebiasaan meninggalkan smartphone di bawah sinar matahari atau di dalam mobil, tidaklah baik. Untuk mendinginkan smartphone yang panas akibat sinar matahari, segeralah non-aktifkan smartphone, kemudian letakkan di tempat yang teduh. 

Jangan pernah membiarkan smartphone terpapar sinar matahari langsung dalam waktu lama, karena dapat menyebabkan smartphone mati dan tidak bisa digunakan kembali. 

4. Panas akibat beban kerja berat 

Sebenarnya wajar jika ponsel terasa panas setelah memainkan game 3D, mengedit video, atau melakukan banyak pekerjaan sekaligus (multi tasking). Jika smartphone bekerja terlalu berat, kinerja akan melamban untuk mencegah overheating. 

Generasi smartphone terbaru biasanya memiliki hardware lebih bertenaga dibanding sebelumnya. Artinya, aplikasi dan game yang tersedia juga bakal membutuhkan kekuatan lebih. Sehingga, jika  aplikasi atau game masih bisa berjalan di perangkat lama yang biasanya lebih lemah, maka perangkat lama itu bisa jadi tidak cukup kuat untuk menjalankan aplikasi dalam waktu yang lebih lama, tanpa ada masalah ke depannya. Jika demikian, ada baiknya melakukan upgrade sistem operasi (OS).

5. Panas setelah upgrade OS 

Setelah upgrade OS, kinerja background processing biasanya akan meningkat. Jadi, kadang aktivitas smartphone bisa menyedot kerja prosesor dan secara otomatis ponsel akan terasa panas. Sehingga panas akibat kerja prosesor yang berat bisa dikatakan wajar. Namun, bisa disebut tidak wajar ketika panas pada smartphone tak kunjung turun, dan sering terjadi dalam beberapa minggu. 

Dalam kasus ini, dibutuhkan penangan dari service centre untuk memperbaikinya. Dalam banyak kasus, smartphone bisa panas karena kinerja CPU yang bekerja terlalu keras. Namun bisa pula panas itu disebabkan oleh baterai. Jika Anda ragu, segeralah ke service centre vendor resmi untuk memperbaikinya.

 

Rekomendasi

Terkait