real
        time web analytics

Info

Cara Minta Kenaikan Gaji Tanpa Terkesan Canggung


TOPCAREER.ID - Meminta naik gaji bukan hal yang mudah. Kebanyakan orang akan merasa canggung atau kurang nyaman. Simak tips berikut ini. 

Latihan

Menurut ahli karier Lisa Andrews, Ph.D. menyiapkan permintaan naik gaji mirip dengan wawancara kerja. Ia pun menyarankan untuk memikirkan beberapa skenario situas i,misalnya  ketika hal tersebut diterima dan jika tidak. Jika bisa ajak salah satu rekan yang sudah pernah melakukannya untuk berlatih bersama.

"Mempraktekan beberapa skenario lagi dan lagi tentu akan menolong mensukseskan negosiasimu karena kamu sudah mengatakan kata-katanya dengan kencang. Ketika kamu melakukannya dan kamu mendengar dirimu sendiri mengatakannya, kamu akan menjadi negosiator yang lebih efektif," ungkap career services manager tersebut kepada Time.

Riset Nilai Sendiri

Saat minta naik gaji tentu Anda akan sudah menyiapkan kisaran angka yang diharapkan. Sebelumnya, lakukanlah riset terlebih dahulu mengenai gaji rekan-rekan sekitar atau yang selevel dengan Anda di luaran sana. Kemudian sesuaikan pula dengan prestasi dan kontribusi selama di sana. Dianjurkan agar Anda tidak menetapkan 'harga' yang terlampau tinggi yang membuat pengajuan ditolak. Atau terlalu rendah yang justru merugikan.

Berikan Jangkauan Angka

Kamu bisa menetapkan angka yang diharapkan sebagai angka minimumnya. Misalnya Anda menginginkan gaji Rp 5 juta, sampaikan pada atasan bahwa Anda minta kenaikan gaji di angka sekitar Rp5 juta hingga Rp7 juta. Metode ini sudah terbukti efektif.