real
        time web analytics

Info

Coba Perhatikan Hal Ini Sebelum Mudik dengan Mobil Pribadi


TOPCAREER.ID – Menggunakan mobil pribadi sebagai transportasi mudik masih jadi opsi bagi sebagian orang. Mudik dengan mobil pribadi dinilai punya banyak keuntungan. Namun, seperti halnya mudik dengan moda transportasi lainnya, mudik dengan mobil pribadi pun perlu persiapan. 

Nah, berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum mudik dengan mobil pribadi.

Pastikan kondisi mobil prima

Anda harus siap dengan sesuatu yang terjadi di perjalanan mudik. Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi, seperti macet, rute jalan yang membingungkan, hingga salah jalan. Jadi yang terpenting adalah kondisi mobil yang prima. 

Periksalah seluruh kondisi mobil mulai dari mesin, rem, oli, air bag, dan roda. Jangan paksakan kendaraan Anda kalau kondisinya tidak prima. Banyak orang yang mengalami hal buruk karena menyepelekan hal ini.

Sesuaikan kapasitas

Kadang hal ini kerap terjadi. Mentang-mentang fleksibel, kemudian penumpang dan barang jadi melebihi kapasitas. Jangan memaksakan diri untuk mengangkut terlalu banyak orang dan barang dalam mobil Anda. Aturlah barang-barang di ruang yang terpisah dengan ruang untuk orang. Dengan begitu, perjalanan mudik dengan mobil pun akan tetap terasa nyaman.

Jangan forsir badan 

Baik penumpang maupun sopir akan merasa lelah selama perjalanan mudik yang panjang. Oleh karena itu, jangan forsir badan. Saat lelah, bersegeralah beristirahat. Amannya, setidaknya sopir dan penumpang meregangkan otot-otot setiap empat jam sekali.

Dengan melakukan sedikit pemanasan saat istrirahat juga akan meminimalisasi rasa pegal dan kelelahan di tubuh. 

Siapkan uang tunai dan uang elektronik

Siapkan uang tunai, apalagi kalau daerah yang Anda lalui adalah kota-kota kecil yang minim ATM, atau tempat belanjanya masih mengharuskan uang tunai. Namun, Anda juga tetap harus menyiapkan uang elektronik, terutama untuk tol, sebab jaringan tol di Indonesia sudah tidak menggunakan uang tunai.

Anda mulai bisa mengestimasi sejak awal, berapa banyak harus mengisi uang elektronik Anda, apalagi dengan berbagai diskon yang diberikan pemerintah selama musim mudik.

Patuhi aturan di jalan

Mudik dengan mobil pribadi artinya Anda harus memperhatikan aturan di jalan dan mematuhinya. Jangan karena ingin segera sampai membuat Anda memacu gas dengan sangat cepat. Hal itu akan berisiko pada keselamatan. Usahakan selalu patuh pada rambu-rambu lalu lintas yang berlaku.

Perbekalan yang cukup

Saat ini memang sudah banyak rest area yang juga menyiapkan beragam makanan. Namun, kondisi jalanan saat mudik tidak bisa diprediksi. Boleh jadi saat jam makan atau berbuka puasa Anda masih terjebak macet. Karena itu, usahakan selalu menyiapkan perbekalan makanan dan minuman yang cukup untuk jaga-jaga.

Jangan bawa makanan yang terlalu pedas dan asam. Anda tentu tidak mau sakit perut mengganggu perjalanan Anda, apalagi kalau macet terjadi di mana-mana.

 

 

Rekomendasi

Terkait