real
        time web analytics

Info

Fakta-Fakta Soal Sejarah Hari Buruh Sedunia


TOPCAREER.ID – Selamat Hari Buruh! Hari Buruh yang dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 1 Mei, adalah hari yang didedikasikan untuk para pekerja. Hari itu berasal dari Amerika Serikat pada abad ke-19. Hari itu juga merupakan singkatan dari berbagai hal tergantung negara. Berikut beberapa fakta terkait Hari Buruh atau May Day.

1. Dimulai di Chicago

Seeprti dilansir dari Express.co.uk, salah satu fakta dari Hari Buruh ini, yaitu dari mana hari ini dimulai. Liburan itu bermula di kota Amerika Serikat pada tahun 1886 sebagai protes untuk mendukung hari kerja delapan jam dan melihat ribuan buruh di seluruh negeri turun ke jalan. Hari itu memperingati urusan Haymarket, yang berlangsung pada 4 Mei.

Peristiwa Haymarket dimulai sebagai demonstrasi buruh damai di dekat Lapangan Haymarket Chicago sebelum berubah menjadi kekerasan ketika seorang pemrotes melemparkan bom ke polisi. Paling tidak delapan orang tewas akibat ledakan itu, yang menyebabkan terpidananya delapan aktivis buruh radikal.

2. Angka delapan adalah simbol

Pentingnya angka melambangkan panjang hari kerja yang dianjurkan oleh anggota gerakan serikat pekerja.

Di Australia, di mana salah satu pawai Hari Buruh pertama terjadi pada 1 Mei 1891, jumlah itu sering terlihat di gedung-gedung serikat pekerja.

3. Kerap dinamai juga dengan Worker’s Day 

Di beberapa negara, seperti Etiopia, Afrika Selatan, dan Brasil, hari libur umum disebut sebagai International Worker’s Day atau Worker’s Day. Tema liburan tahun ini adalah "Menyatukan Pekerja untuk Kemajuan Sosial dan Ekonomi".

4. Amerika merayakan liburan pada hari yang berbeda

Meskipun gerakan buruh berakar di Amerika Serikat, Hari Buruh dirayakan pada hari Senin pertama bulan September dan bukan pada bulan Mei.

Sementara laporan sejarah bervariasi, dikatakan bahwa hari libur resmi berlangsung pada bulan September karena itu pertama kali dirayakan pada awal tahun 1880-an oleh Serikat Buruh Pusat - bertahun-tahun sebelum para pekerja memprotes kondisi kerja mereka.

 

Rekomendasi

Terkait