real
        time web analytics

Info

Hati-Hati, Penyakit Ini Sering Mengintai Setelah Lebaran


TOPCAREER.ID – Lebaran jadi momentum yang paling ditunggu setelah sebulan puasa di bulan Ramadan. Momen bahagia ini identik dengan aktivitas silaturahmi dan menu hidangan beragam yang turut mewarnai aktivitas ini. 

Dari banyaknya serangkaian kegiatan dan sajian menu saat lebaran, jika tidak dikontrol dengan baik justru akan menimbulkan masalah kesehatan yang muncul. Berikut beberapa penyakit yang kerap muncul setalah momen lebaran. 

1. Diare

Penyebab dari munculnya diare ini beraneka ragam, mulai dari konsumsi makanan yang kurang bersih atau makanan yang mengandung kuman. Selain itu, diare juga bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengiritasi lambung, seperti makanan pedas, asam, berminyak, dan juga minum minuman bersoda. Kemudian, reaksi alergi terhadap makanan tertentu juga dapat menyebabkan diare.

Jika sudah kejadian, Anda bisa mengatasinya dengan minum cairan oralit atau sekedar air putih. Untuk sementara waktu, hindari makanan dan minuman yang dapat memicu diare, serta minum obat diare.

2. Hipertensi 

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah di atas batas normal. Tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg. Hipertensi ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah karena konsumsi garam secara berlebihan.

Umumnya makanan yang disajikan selama lebaran ini tinggi garam sehingga dapat memicu tekanan darah menjadi naik. 

3. Mag

Pada umumnya, mag terjadi akibat proses infeksi lambung oleh bakteri Helicobacter pylori atau produksi asam lambung berlebihan. Mag ini muncul karena disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor makanan dan minuman. 

Makanan pedas, asam, dan mengandung gas dapat mencetuskan mag. Nah, mengonsumsi jenis makanan ini selama lebaran tentu saja dapat meningkatkan risiko kambuhnya mag. Ditambah lagi dengan kesibukan selama beraktivitas saat lebaran, membuat waktu makan kamu menjadi tidak teratur. 

4. ISPA

Selain itu, penyakit yang kerap muncul setelah lebaran adalah batuk dan pilek. Umumnya, batuk dan pilek adalah gejala dari penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Biasanya ISPA disebabkan oleh infeksi virus, yang menyerang apabila daya tahan tubuh sedang melemah, kelelahan, ataupun kurang tidur. Rajinlah mencuci tangan dengan sabun untuk mencegah penularan penyakit yang sangat cepat ini.

5. Hiperkolesterolemia dan Hiperglikemia

Hiperkolesterolemia merupakan kondisi yang ditandai dengan tingginya kadar kolesterol darah di atas normal, sedangkan hiperglikemia adalah kondisi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah di atas normal.

Sajian yang kerap hadir saat lebaran adalah menu bersantan, manis, berminyak, dan makanan yang digoreng. Nah, kalau kamu tak bisa mengendalikan konsumsi makanan-makanan ini saat lebaran, maka nantinya akan menimbulkan hiperkolesterolemia dan hiperglikemia.

 

Rekomendasi

Terkait