real
        time web analytics

Info

Hindari Susah Sinyal Saat Bepergian, Begini Caranya


TOPCAREER.ID – Kesal rasanya jika mudik atau bepergian, smartphone dalam keadaan susah sinyal. Selain menyulitkan aktivitas, sinyal yang naik turun juga bisa menyebabkan baterai smartphone cepat terkuras. Nah, ada beberapa hal yang bisa membantu meningkatkan kualitas sinyal smartphone saat perjalanan mudik atau travel lebaran nanti, berikut tipsnya.

1. Lepas pelindung atau cover 

Jika smartphone Anda menggunakan pelindung atau cover, sebaiknya bisa dilepas terlebih dahulu. Ada kemungkinan cover akan menghalangi penerimaan sinyal ke perangkat. Tidak hanya itu, cover juga bisa membuat smartphone jadi lebih cepat melepas panas.

2. Buka jendela dan jauhi barang-barang berbahan metal

Dalam perjalanan, Anda bisa mencoba untuk membuka jendela mobil atau bus agar penerimaan sinyal jadi lebih baik. Jauhi perangkat dari barang-barang yang berbahan metal, karena bisa mengganggu sambungan sinyal.

3. Beralih ke jaringan 2G atau 3G

Di beberapa daerah, mungkin akan sulit mendapatkan sinyal jaringan 4G. Apalagi posisi Anda sedang dalam perjalanan yang sering kali berpindah tempat. Untuk mengakalinya, Anda bisa beralih ke jaringan 3G yang sudah lebih meluas sinyalnya dan masih bisa digunakan untuk berinternet.

Ubah pengaturan jaringan secara manual dengan memilih mode jaringan hanya 3G. Dengan begitu, smartphone tidak akan terlalu bekerja keras untuk mencari sinyal 4G di daerah yang sulit.

4. Aktikan mode Airplane atau restart

Anda bisa mengaktifkan Airplane mode terlebih dahulu, lalu nonaktifkan kembali. Cara ini dilakukan untuk mengulang kembali pencarian sinyal, sehingga bisa membuat koneksi membaik. 

Bila cara Airplane mode tidak berhasil, bisa dengan me-restart smartphone. Tapi apabila masih tidak berhasil juga, maka jaringan di lokasimu memang benar-benar buruk.

5. Lepas dan pasang kembali kartu SIM

Langkah pemecahan masalah kesulitan sinyal lainnya bisa dicoba untuk melepas dan meletakkan kembali kartu SIM, kemudian menghidupkan smartphone kembali. Pastikan Anda membawa SIM ejector atau menggunakan alat lainnya, seperti penjepit kertas, peniti, atau jarum untuk melepaskan kartu SIM.

6. Ganti operator

Kesulitan sinyal yang terus-menerus bisa saja disebabkan layanan jangkauan operator yang tidak mendukung. Anda bisa menggunakan dukungan dual SIM card pada smartphone untuk membandingkan kualitas jangkauan operator.

 

Rekomendasi

Terkait