real
        time web analytics

Info

Internet of Things Indonesia Bisa Sentuh Rp444 Triliun


TOPCAREER.ID - Menurut survei internal yang dilakukan Asosiasi Internet of Things Indonesia menyebutkan bahwa nilai pasar Internet of Things (IoT) Indonesia diperkirakan mencapai Rp444 triliun pada 2022.

Selain itu lebih dari 400 juta sensor terhubung di berbagai industri serta 96 persen responden meyakini bahwa industri lokal dapat menghasilkan perangkat keras atau hardware IoT seperti sensor, card interfaces, antena, pengontrol mini, dan smart meters.

Wakil Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia, Andri Yadi mengatakan, potensi pasar dan kepercayaan diri pelaku industri tentunya harus disokong dengan cepat oleh pemerintah melalui upaya penyelesaian peta jalan atau roadmap IoT dan merilis regulasi yang mendukung industri lokal.

"Tantangannya sendiri ada di maker to market. Apalagi pemain IoT di Indonesia jumlahnya masih sangat sedikit," kata Andri.

Ia pun mendorong pengembangan IoT di Tanah Air seperti Qualcomm Technologies yang diklaim bisa menjadi tiket emas perusahaan lokal untuk bersaing di tingkat global.

"Untuk menjadikan ekonomi Indonesia masuk ke dalam 10 besar tahun 2030, maka pemerintah dan pelaku industri harus berani mengidentifikasi peluang dan melakukan investasi," jelasnya.

Rekomendasi

Terkait