real
        time web analytics

Info

Kemampuan yang Dimiliki Seorang Film Maker Pro


TOPCAREER.ID – Tentu akan menyenangkan jika memperoleh penghasilan dari hobi, salah satunya hobi membuat film. Pengin jadi filmmaker pro? Coba intip apa yang dimiliki sama filmmaker papan atas di Hollywood!

1. Screenplay

Dari laman Haho, tanpa screenplay, Anda bakal susah buat masuk ke dunia film. Sebagai seorang filmmaker, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenal dan membuat screenplay yang oke. Lakukan analisa pada film-film yang dianggap mengagumkan, dan coba cari tahu hal apa saja yang membuat film itu terlihat lain daripada yang lain.

2. Budgeting skill

Anda tentu akan butuh uang, tapi enggak sebanyak yang dikira kok. Hingga kini, banyak juga film pendek maupun full-length yang dibuat dengan budget rendah. Yang penting, Anda harus bikin film yang punya nilai keunikan sendiri buat penonton dan distributor film. Intinya, be creative!

3. Wawasan Luas tentang Industri Film

Anda harus mengetahui banyak serba-serbi tentang industri film; mulai dari distribusi, lokasi screening, hingga menentukan audience. Hal-hal tersebut telah banyak mengalami perubahan sejak awal kemunculan industri film. 

Artinya, Anda harus belajar tentang sejarah dan tradisi film yang sudah ada serta mengantisipasi perubahan industri yang akan datang. Banyak-banyak membaca dan update wawasan.

4. Power untuk Menolak Tawaran

Anda tak harus menerima semua tawaran untuk membuat film. Kalau Anda mendapat tawaran membuat film yang taksesuai dengan genre Anda, sebaiknya ditolak saja. Belajar untuk stand your ground, dan tetap fokus pada pembuatan film yang dikuasai.

5. Skill Komunikasi dan Negosiasi

Tak hanya punya kemampuan untuk memproduksi film bagus, Anda juga harus punya skill komunikasi yang baik untuk menjadi seorang filmmaker. Selain itu, harus punya skill negosiasi yang oke untuk memudahkan Anda mendapatkan penawaran dalam pembuatan film.

 

Rekomendasi

Terkait