real
        time web analytics

Info

Ketahui Penyakit yang Ditangani Dokter Spesialis Ahli Gizi


TOPCAREER.ID – Dokter spesialis memang menangani penyakit-penyakit tertentu, tak terkecuali bagi dokter spesialis ahli gizi. Doter spesialis gizi ini memberikan penatalaksanaannutrisi terhadap bebragai masalah kesehatan, apa saja ya?

Berikut penyakit yang ditangani oleh sokter spesialis ahli gizi, seperti dilansir dari Alodokter. 

1. Masalah status gizi

Ini meliputi malnutrisi, seperti obesitas, defisiensi atau kekurangan mikronutrien (vitamin dan mineral), marasmus dan kwashiorkor; gangguan nutrisi pada golongan rentan seperti bayi, anak-anak, remaja, wanita hamil dan menyusui, serta lansia.

2. Gangguan fungsi organ dan metabolisme

Hal ini meliputi mempersiapkan nutrisi pada pasien yang mengalami gangguan pada saluran cerna, gangguan fungsi hati dan pankreas; gangguan metabolisme dan endokrin seperti pada penyakit diabetes; masalah pada paru dan pernapasan; penyakit saraf; gangguan pada ginjal dan saluran kemih: dan penyakit jantung serta pembuluh darah.

3. Penyakit lain yang terkait sistem imun dan penyakit ganas

Misalnya pada kasus alergi makanan, nutrisi pasien HIV/AIDS, perawatan gizi pada pasien kanker. Penatalaksanaan nutrisi juga diberikan pada pasien yang menerima perawatan intensif.

4. Perawatan gizi pada kasus luka berat

Dokter spesialis gizi juga berwewenang dalam menentukan evaluasi status gizi dan kebutuhan nutrisi pada pasien luka berat, seperti luka bakar luas atau pasien cedera yang membutuhkan tindakan operasi.

5. Perbaikan gizi pada gangguan makan

Meliputi gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia. Penderita gangguan makan seringkali mengalami malnutrisi dan dehidrasi berat yang berbahaya bagi kesehatannya. 

Selain diobati oleh psikiater, perbaikan status gizi pada penderita gangguan makan juga lazimnya ditangani oleh dokter spesialis gizi.

 

Rekomendasi

Terkait