real
        time web analytics

Info

Keterampilan yang Harus Dimiliki Analis Bisnis


TOPCAREER.ID – Setiap bisnis memiliki kebutuhan dan solusi yang berbeda, untuk itu ada yang namanya business analyst atau analis bisnis. Mereka bekerja untuk menentukan kebutuhan bisnis dan mencari cara untuk mencapainya. Untuk menjadi business analyst ada beberapa keterampilan yang harus dipenuhi.

Dalam beberapa kasus, seorang analis bisnis dapat mengidentifikasi masalah dan membantu Anda menemukan cara untuk menyelesaikannya. 

Menurut Institut Internasional Analisis Bisnis, peran analis bisnis didefinisikan sebagai penghubung di antara para pemangku kepentingan untuk memahami struktur, kebijakan, dan operasi organisasi. Dengan merekomendasikan solusi, analis bisnis memungkinkan perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Ini berarti bahwa seorang analis bisnis bertindak sebagai jembatan antara masalah bisnis perusahaan dan solusi teknologi dari perusahaan tersebut.

Keterampilan yang diperlukan 

Peran seorang analis bisnis mungkin berbeda di tiap organisasi yang berbeda. Di beberapa tempat mereka mungkin memiliki peran teknis dengan sedikit pengetahuan bisnis, di tempat lain mereka akan diminta untuk memiliki pengetahuan bisnis yang baik beserta pengetahuan tentang sistem dan arsitektur TI. Beberapa keterampilan inti yang diperlukan dalam setiap analis bisnis adalah sebagai berikut:

1. Harus komunikatif

Analis bisnis harus menjadi komunikator yang sangat kuat, terutama dalam arti verbal. Ini berarti bahwa mereka harus dapat bekerja dalam tim dan menganalisis kebutuhan mereka dengan cara yang dapat membantu mereka menyelesaikan konflik dan masalah, baik di dalam maupun di luar perusahaan.

2. Memiliki berbagai keterampilan pemecahan masalah

Pada tingkat tertinggi, analis bisnis memungkinkan perusahaan untuk memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang tantangan yang dihadapi oleh organisasi dan cara terbaik mereka dapat menyelesaikannya dengan cara yang sederhana dan mudah. 

3. Keterampilan dokumentasi yang kuat

Seorang analis bisnis yang baik akan belajar bagaimana mendokumentasikan setiap proyek dan pembelajaran mereka. Adalah penting bahwa seorang analis bisnis baru mencatat semua yang mereka pelajari dari proyek mereka karena itu akan membantu mereka mengambil keputusan yang lebih baik di masa depan. 

4. Memiliki pemahaman visual yang kuat

Seorang analis bisnis harus mampu memvisualisasikan solusi untuk masalah tertentu dalam pikiran mereka. Ini karena untuk situasi apa pun, analis bisnis harus membuat banyak model spesifik yang dapat mengatasi tantangan itu. 

5. Memiliki pengetahuan yang baik tentang keterampilan bisnis

Memiliki pemahaman dasar dan baik tentang alat kantor dasar seperti Word, Excel dan PowerPoint. Keterampilan teknis lainnya yang dapat membantu analis bisnis maju dalam bidang karir mereka termasuk pengetahuan tentang alat pemodelan seperti Visio atau Enterprise Architect.

6. Dapat membangun hubungan baik di dalam maupun di luar timnya sendiri

Banyak analis bisnis harus bekerja dengan pemangku kepentingan di berbagai platform. Itulah sebabnya penting bahwa analis bisnis harus memiliki komunikasi yang terbuka dan jelas dengan para pemangku kepentingan baik di sisi bisnis maupun teknis. 

 

Rekomendasi

Terkait