real
        time web analytics

Info

Kondektur Kereta Tak Cuma Periksa Tiket


Sumber : KAI

TOPCAREER.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) saat ini (12-16/2/2019) tengah membuka lowongan untuk posisi sebagai kondektur kereta. Tapi  tahukah kamu apa dan bagaimana profesi sebagai kondektur kereta?

Seperti diketahui, kondektur adalah pegawai yang diserahi tugas membantu masinis dalam urusan perjalanan kereta api dan urusan langsir bilamana di stasiun tersebut tidak ada juru langsir, serta mengkoordinasikan pelaksanaan tugas petugas lain di dalam kereta api.

Kondektur tidak hanya memeriksa tiket para penumpang. Namun Kondektur ini juga bertugas memimpin seluruh staf di dalam kereta api agar terselenggaranya pelayanan kepada seluruh penumpang selama perjalanan kereta api, melayani kebutuhan , masukan dan keluhan penumpang serta memastikan bahwa penumpang menerima pelayanan di atas KA sesuai 7S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun, Semangat, Siap melayani).

Beberapa Tugas Kondektur antara lain, Menerima izin dari PPKA/PAP kepada KP untuk memberangkatkan (semboyan 40); Memberitahukan kepada Masinis bahwa kereta api siap berangkat (semboyan 41); Memastikan keamanan langsiran bila terjadi langsiran dan tidak terdapat juru langsir; Melaksanakan pemeriksaan tiket penumpang.

Selain itu, tugas kondektur adalah mencocokkan penumpang dengan manifest dan menginformasikan stasiun tujuan penumpang; Melayani kebutuhan, masukkan dan keluhan penumpang; Memberikan informasi sejelas mungkin kepada penumpang selama perjalanan;  Membantu segala kebutuhan penumpang selama di kereta; Menegur sesuai SOP apabila ada penumpang yang melanggar.

Tak cuma itu, jika diperinci lebih detail lagi tugas seorang kondektur kereta juga memastikan pelayanan yang diberikan oleh petugas di atas KA sesuai dengan SOP; Mengecek selama perjalanan KA harus ber bersih, bebas rokok, bebas asongan, pintu dan jendela tertutup, penumpang mendapatkan informasi yang dibutuhkan, fasilitas dalam ka handal (tempat duduk, AC, Televisi, ketersediaan air)

Apabila terjadi keluhan atau kebutuhan dari penumpang langsung diinformasikan petugas terkait akan ditangani dengan baik; Memastikan bahwa petugas siap dan dalam posisi masing-masing; Mengecek pekerjaan petugas di KA sehingga semua petugas bekerja sesuai dengan SOP; dan Menegur petugas apabila tidak sesuai dengan SOPnya.

Rekomendasi

Terkait