real
        time web analytics

Info

Lakukan Aktivitas Ini di Kantor, Setara Olahraga


TOPCAREER.IDSebuah riset pernah mengungkapkan jika setiap jam dihabiskan hanya dengan duduk diam bisa meningkatkan risiko serangan jantung sebesar 14%. Lalu bagaimana dengan kebanyakan karyawan yang biasa duduk selama delapan jam di kantor? Bagaimana meminimalisasi efek negatifnya? Berikut ini TopCareer.id, rangkumkan dari beragam sumber terkait aktivitas yang bisa dilakukan dikantor yang setara dengan olahraga.

Bergerak Setiap Jam

Ketika sedang asyik mengerjakan tugas, jangan lupa untuk bergerak. Menurut Total Beauty, disarankan agar kamu bergerak setidaknya lima menit dalam kurun waktu satu jam. Hal itu bisa dimanfaatkan untuk mengambil minum yang penting untuk orang yang duduk lama. Usahakan untuk tidak menggunakan telepon genggam selama lima menit tersebut sehingga mata kamu bisa beristirahat.

Naik Turun Tangga

Jika dikantor kamu memiliki tangan, jangan malas menggunakannya. Aktivitas sederhana yang tidak banyak memakan waktu ini bisa menjauhkan kamu dari banyak masalah kesehatan. Sebuah penelitian mengungkapkan orang yang naik tangga tiga hingga lima lantai sehari mengurangi risiko serangan jantung sebanyak 29%.

Jika ingin hasilnya maksimal, lakukan kegiatan itu empat kali sehari karena bisa mengurangi sekitar 60 kalori. Naik tangga yang menyebabkan jantung berdetak kencang dan menghasilkan endorphin juga bisa membuat kamu lebih bahagia dan tenang.

Peregangan

Selain mata, bagian tubuh lain yang paling lelah saat bekerja adalah jari dan pergelangan tangan. Untuk itu, sempatkanlah melakukan peregangan. Salah satu peregangan bagian tangan yang mudah adalah dengan menggengam bola karet. Genggam selama lima menit dan lakukan sepuluh kali. Kemudian setiap ada waktu luang, gunakan untuk melakukannya pada bagian lainnya.

Istirahat

Sebaiknya jangan habiskan masa istirahat kamu dengan berdiam di tempat duduk. Jika bisa pergilah untuk makan di luar. Riset menunjukkan jika beristirahat satu jam penuh dapat meningkatkan konsentrasi sehingga kerja bisa lebih maksimal setelah makan siang. Usahakan pula untuk tidak makan siang sambil mengerjakan tugas.

Saat sudah waktunya pulang, jika bisa janganlah menunggu untuk meninggalkan kantor lebih lama. Pulang secepatnya ternyata penting untuk kesehatan. Selain mengurangi tekanan dan rasa lelah, riset membuktikan jika karyawan yang sudah bekerja 40 jam dalam seminggu akan mengalami penurunan produktivitas.