real
        time web analytics

Info

Lima Hal yang Perlu Diingat untuk Jadi Peracik Kopi Andal


TOPCAREER.ID – Beda menikmati kopi saat ini dengan zaman dulu. Saat ini antusiasme massyrakat akan kopi cukup besar hingga ikut muncul profesi barista yang kian menarik untuk dicoba. Bagi Anda yang ingin menjadi peracik kopi andal, perlu diingat bahwa pekerjaan ini membutuhkan keahlian khusus, jadi banyak hal yang perlu diketahui. 

Untuk mengetahuinya, seorang barista kopi bernama Anne Nylander, dari Specialty Coffee Association of America (SCAA), asosiasi perdagangan kopi terbesar di dunia, membagikan informasi penting mengenai hal apa saja yang wajib diketahui oleh Anda yang berminat menjadi barista kopi. 

1. Cari relasi yang bisa membantu untuk terjun sebagai barista

Dikutip dari The Kitchn, Anne menjelaskan bahwa kebanyakan barista bisa masuk ke dalam industri kopi melalui relasi yang lebih dulu terlibat dalam industri tersebut. Bahkan, beberapa di antara barista kopi yang ia kenal tidak mengantongi sertifikat resmi atau mengikuti kelas khusus profesi ini. 

2. Mengikuti kelas khusus barista kopi 

Jika tak memiliki relasi, maka Anne menyarankan untuk mengikuti kelas barista kopi yang saat ini sudah banyak bermunculan. Tinggal mencarinya di internet, maka sederet rekomendasi sekolah kopi akan muncul untuk selanjutnya dipertimbangkan. Mengantongi sertifikat kopi tentu menjadi poin plus bagi kamu yang ingin menggeluti profesi barista kopi. 

3. Banyak latihan

Percuma rasanya jika ikut pelatihan, tapi diri sendiri tak sering membekali diri dengan banyak latihan. Anne menilai, kunci utama untuk menjadi barista kopi yang profesional adalah dengan banyak latihan. Menghabiskan waktu berjam-jam untuk menguasai berbagi teknik membuat kopi tentu akan berdampak baik pada jenjang karier kelak. 

4. Harus memiliki passion

Anne mengatakan bahwa pekerjaan ini harus diawali dengan niat serta passion yang tinggi. Racikan kopi terbaik adalah kopi yang dibuat dengan penuh penghayatan sehingga menghasilkan rasa dan aroma kopi yang nikmat. 

5. Bersiap dengan permintaan pelanggan 

Setiap barista kopi dituntut untuk bersabar dalam menghadapi permintaan para pelanggan yang beragam. Seberapa banyak gula yang diinginkan atau seberapa banyak krim yang harus dituangkan, ini adalah contoh kecil yang umum disampaikan para pelanggan agar kopinya sesuai dengan pesanan. 

 

Rekomendasi

Terkait