real
        time web analytics

Info

Lima Makanan yang Bisa Melawan Lelah


TOPCAREER.ID – Tubuh kerap merasa lelah, tak terkecuali saat weekend. Dan cara terbaik untuk mendapatkan energi paling banyak adalah dari makanan serta memastikan Anda memilih makanan terbaik.

Selain apa yang Anda makan, kapan Anda makan juga bisa memengaruhi energi Anda. Berikut makanan yang bisa melawan lelah dilansir dari Healthline.

1. Pisang

Para peneliti membandingkan pisang dengan minuman olahraga karbohidrat pada pengendara sepeda yang membutuhkan energi berkelanjutan untuk perjalanan panjang mereka. Mereka menemukan bahwa pisang menawarkan bahan bakar yang sama banyaknya kepada pengendara seperti minuman. 

Ternyata, pisang dikemas dengan kalium, serat, vitamin, dan jumlah karbohidrat yang sempurna yang memberi Anda dorongan besar energi alami.

2. Buah dan sayuran musiman segar

Semakin segar makanan Anda, semakin banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Tidak seperti makanan olahan yang mungkin kehilangan nutrisi untuk umur simpan yang lebih lama, makanan segar biasanya mengandung nutrisi yang lebih tinggi. 

3. Minuman tanpa kafein

Kafein tidak berlebihan, dan telah terbukti memiliki beberapa manfaat kesehatan. Meskipun memberikan dorongan jangka pendek, itu tidak benar-benar memberikan energi pada tubuh. Nikmat pertama mungkin membuat Anda tersentak, tetapi jika Anda tidak memberi tubuh Anda nutrisi yang baik, makanan dan camilan seimbang, Anda akhirnya akan merasa lelah.

Jika Anda harus memperbaikinya, pilihlah kopi hitam atau teh tanpa gula. Soda dan minuman berenergi dapat penuh dengan gula rafinasi dan bahan-bahan buatan yang dapat menyebabkan Anda lelah, dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

4. Protein tanpa lemak

Daging merah yang mengandung lemak menambah lemak jenuh dalam diet Anda. Daging tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, dan ikan, masih memberikan protein berkualitas, tetapi mengandung lebih sedikit lemak jenuh. Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon dan tuna, dapat menambah lemak bermanfaat yang menyehatkan jantung.

5. Biji-bijian utuh dan karbohidrat kompleks

Sama seperti makanan olahan, karbohidrat olahan seperti gula dan tepung putih menambah sedikit nutrisi. Memilih makanan gandum dan karbohidrat kompleks memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan manfaat penuh dari lambung gandum yang menambahkan serat ke dalam diet Anda.

 

Rekomendasi

Terkait