real
        time web analytics

Info

Manfaat Sehat Kacang Mede, Camilan Lebaran yang Jadi Kegemaran


TOPCAREER.ID – Kacang mede, jadi salah satu camilan yang paling digemari saat lebaran. Tapi, tak hanya nikmati di lidah, kadang mede juga ternyata kaya manfaat untuk kesehatan asal dikonsumsi dengan batas wajar lho ya. Berikut manfaat kacang mede.  

1. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah studi pada British Journal of Nutrition menunjukkan, orang yang mengkonsumsi kacang mede lebih dari empat kali per minggu, punya peluang lebih rendah 37 persen untuk terserang penyakit jantung koroner.

Kandungan asam lemak tak jenuh pada kacang mede, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, dan trigliserid-pemicu penyakit jantung dan stroke. 

2. Membantu menjaga berat badan

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition di tahun 2004 menemukan, perempuan yang jarang makan kacang lebih berpeluang untuk mengalami kenaikan berat badan dalam jangka waktu 8 tahun.

Para peneliti juga mengungkapkan, mengkonsumsi kacang tidak akan membuat berat badan melonjak, tapi justru membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Kacang mede akan membuat kita merasa kenyang lebih lama, dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Kacang mede adalah salah satu makanan yang kaya akan kandungan zat besi. Kekurangan asupan zat besi kerap dikaitkan dengan rendahnya kepadatan mineral tulang dan peningkatan risiko osteoporosis.

Selain itu, zat besi pada kacang mede juga berperan dalam menjaga produksi kolagen, dan elastin yang penting dalam pembentukan komponen struktural utama tubuh. Tanpa adanya zat besi, tubuh tidak akan bisa mengganti jaringan tubuh yang rusak.

4. Mencegah terbentuknya batu empedu

Berdasarkan riset dalam American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi kacang mede secara rutin dapat mengurangi risiko dibutuhkannya operasi untuk menghilangkan batu empedu. 

Data nutrisi yang dikumpulkan selama 20 tahun dari Nurses' Health Study juga menunjukkan, perempuan yang mengkonsumsi minimal 1 ons kacang tiap minggu dapat menurunkan risiko terbentuknya batu empedu sebesar 25 persen.

 

Rekomendasi

Terkait