real
        time web analytics

Info

Mau Awet Muda, Coba Lakukan Kebiasaan Ini


TOPCAREER.ID – Siapa yang tak ingin selalu tampil awet muda? Beragam upaya dilakukan agar penuaaan tak terjadi secara cepat, mulai dari obat-obatan, produk kecantikan wajah, dan lainnya. Namun, sebenarnya ada pilihan untuk awet muda tanpa produk tersebut, bisa lakukan dengan kebiasaan berikut.

1. Olahraga 

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang tua yang rutin berolahraga memiliki massa otot, level kolesterol dan fungsi sistem imun yang sama seperti orang-orang muda. Spesialis kesehatan keluarga, Benjamin Epstein, MD mengatakan, segala bentuk aktivitas fisik yang memacu nafas serta denyut jantung bisa meningkatkan kesehatan jantung. 

“Latihan keseimbangan dan kekuatan mampu menjaga kesehatan tulang, menurunkan sakit artritis dan menurunkan risiko terjaruh," kata Epstein. Olahraga juga bermanfat bagi mental. Usahakan meluangkan waktu untuk aktivitas aerobik sekitar 30 menit lima kali seminggu, dengan 10 menit latihan kekuatan dan latihan keseimbangan dua hari seminggu. 

2. Makanan alami 

Para pakar sepakat bahwa pola makan terbaik untuk mencegah kerusakan dan penyakit terkait dengan penuaan dimulai dengan konsumsi pangan alami. Epstein mengatakan, pola makan sehat tersebut di antaranya adalah konsumsi makanan minim proses dan minim gula, lemak serta garam. 

Beberapa makanan yang direkomendasikan oleh para pakar, antara lain biji-bijian utuh seperti roti gandum dan nasi merah, daging rendah lemak, daging ikan, unggas, telur, kacang-kacangan, serta lima porsi atau lebih sayur dan buah setiap harinya. 

Sejumlah studi mengungkapkan, konsumsi pangan alami membantu meningkatkan nutrisi dalam tubuh yang mampu menyehatkan sel, mengurangi peradangan dan mereduksi risiko penyakit kronis terkait usia. 

3. Makan banyak sayur 

Ahli gizi teregistrasi Abby Sauer, MPH, RD mengatakan, banyak konsumsi buah, sayuran dan biji-bijian utuh bisa mendukung penuaan sehat karena menyediakan gizi penting bagi kesehatan otak dan tubuh.

“Makanan sehat tidak selalu tanaman. Bisa juga telur, produk susu rendah lemak dan makanan laut juga bisa berkontribusi terhadap nutrisi penting," kata Sauer. Namun, banyak makan sayuran bukan berarti meninggalkan protein.  Sejumlah studi mengatakan protein sangat penting, terutama untuk menjaga massa otot seiring bertambahnya usia. 

4. Melindungi kulit dari matahari 

Disarankan pula untuk memperbanyak aktivitas luar ruangan karena Vitamin D alias vitamin matahari bisa membantu menguatkan tulang dan melindungi melawan masalah terkait penuaan, seperti penyakit jantung dan kanker. Namun, tidak lupa untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari ketika beraktivitas di luar ruangan. 

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), kita bisa melindungi kulit dari penuaan dini dengan menggunakan pakaian tertutup dan menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30. AAD merekomendasikan mencuci wajah dua kali sehari dan mengaplikasikan pelembap untuk menjaga kulit tetap tampak muda. 

5. Tetap terhidrasi 

Seiring bertambahnya usia, efisiensi kerja ginjal akan semakin berkurang sehingga sensitivitas kita terhadap rasa haus bisa terus berkurang. Inilah mengapa orang-orang tua lebih rentan terhadap dehidrasi. 

Dalam siklus tertentu, dehidrasi bisa mengganggu fungsi sistem penting dalam tubuh dan menyebabkan demensia, seperti gejala kebingungan. Karena itu, penting untuk kita terus terhidrasi. 

"Air sangat penting karena mengisi sekitar 60 persen berat badan orang dewasa dan tubuh kita membutuhkan air untuk menjalankan fungsi penting tubuh, seperti meregulasi suhu tubuh, menjaga kulit dan sendi tetap sehat, mencerna makanan, dan melancarkan pembuangan kotoran," kata Sauer. 

 

Rekomendasi

Terkait