real
        time web analytics

Info

Mekanik Bisa Tangani Ratusan Motor dalam Satu Bulan


TOPCAREER.ID – Mungkin akan tampak biasa saja jika kamu melihat motormu diperbaikin oleh mekanik. Tapi, asal kamu tahu bahwa mekanik motor untuk dealer resmi itu bisa mengerjakan 200 motor dalam sebulan. Bahkan, ada target yang harus diselesaikan dalam satu hari. 

Hal itu seperti yang dikatakan oleh Senior Advisor Yamaha Permata Motor, Lukman. Menurutnya, dalam sehari saja, seorang mekanik ditargetkan untuk bisa menyelesaikan 8 motor dengan kategori service ringan. Service ringan yang dimaksud seperti kebersihan filter udara, kampas rem, serta busi.

Namun, tindakan service ringan itu dilakukan setelah pengecekan terlebih dahulu sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) yang berlaku untuk bengkel resmi Yamaha. 

“Pengecekan rem, suspensi depan belakang, setelan gas, oli, tekanan ban. Nah, baru setelah itu mekanik melakukan service ringan,” kata Lukman ketika ditemui TopCareer.id di Yamaha Permata Motor yang berada di kawasan Kebayoran Lama. 

Selain service ringan, bengkel resmi Yamaha juga melayani service berat dan berkala. Nah, kategori service ini biasanya ditentukan berdasarkan kondisi kendaraan setelah dilakukan pengecekan secara keseluruhan.

Untuk kategori service berat, kata Lukman, bisa memakan waktu pengerjaan 3 hari sampai 1 minggu karena rangakaian pengecekan dan perbaikan yang cukup rumit. 

“Kenapa kita kasih waktu 1 minggu overall, karena mesin dibongkar semua. Habis dibongkar, estimasi sparepart yang bisa apa, baru pembersihan. Setelah sparepart disetujui, itu nanti kami ganti, ada perakitan mesin, nanti ada tes jalan juga.”

Ketika mekanik meng-handle motor dengan kategori service berat, maka dalam sebulan ia tidak akan mencapai angka 200 motor. Namun, service ringan jadi perbaikan yang paling banyak ditangani.

 

Rekomendasi

Terkait