real
        time web analytics

Info

Panduan Hemat Baterai HP Saat Mudik


TOPCAREER.ID – Rasanya tak mungkin jika bepergian tak membawa smartphone ksayangan, apalagi saat mudik. Tapi, lantaran perjalanna panjang, ada saja kekhawatiran bahwa baterai ponsel akan habis di tengah jalan. Selain menyiapkan powerbank tentunya, Anda juga bisa lakukan tips berikut agar hemat baterai saat mudik. 

1. Tutup aplikasi yang tidak dipakai 

Saat melakukan perjalanan mudik, ada baiknya Anda mulai cermat untuk menggunakan aplikasi apa saja yang bermanfaat agar tidak berpotensi menghabiskan daya baterai. Sebab ada beberapa aplikasi yang tidak penting berjalan di background, sehingga secara tidak sadar memakan konsumsi daya baterai.

2. Kurangi cahaya layar ponsel

Perlu diingat bahwa semakin terang layar ponsel maka akan semakin banyak daya baterai yang dikonsumsi. Layar yang terlalu terang juga bisa membuat mata lelah. Atur tingkat kecerahan layar ponsel dengan ideal atau pilih pengaturan mode Auto-Brightness.

3. Matikan notifikasi fitur getar

Ada baiknya matikan notifikasi getar pada smartphone baik untuk aplikasi, panggilan, atau pesan yang masuk, saat perjalanan mudik. Fitur getar juga membutuhkan daya baterai yang cukup besar dibanding dengan notifikasi lainnya seperti ringtone. Sebaiknya ubah aturan notifikasi ke mode silent atau bungkam untuk membuat daya baterai ponsel tetap awet.

4. Aktifkan mode hemat daya 

Smartphone saat ini, baik itu Android atau iOS, sudah canggih dan memiliki pengaturan mode hemat baterai. Kemampuan ini memungkinkan pengguna menonaktifkan beberapa fitur atau aplikasi yang menguras daya baterai dengan cepat. Fitur yang tidak perlu dan bisa kamu matikan di antaranya Bluetooth, GPS, Wi-Fi atau NFC. 

5. Aktifkan mode pesawat

Dalam perjalanan mudik sering kali menemukan situasi susah sinyal. Ketika keadaan tersebut terjadi, smartphone akan membutuhkan tenaga ekstra untuk mencari sinyal yang berdampak akan menguras daya baterai.

Apabila Anda sedang berada di wilayah yang sulit sinyal, ada baiknya aktifkan mode pesawat. Mode pesawat akan memblokir semua jaringan pada perangkat sehingga mengurangi beban aktivitas ponsel.

6. Pakai wallpaper hitam

Dari sekian banyak fitur smartphone, layar menjadi salah satu penyumbang pemakan daya baterai terbesar. Hal ini bisa diakali dengan mengganti wallpaper ponsel dengan gambar yang didominasi warna hitam.

7. Jaga smartphone agar tetap dingin

Usahakan jaga suhu smartphone tetap dingin selama perjalanan mudik. Ponsel dalam keadaan panas akan membuat baterai melemah dan juga dapat memperpendek daya tahan baterai. Jauhkan ponselmu dari sinar matahari langsung. 

 

Rekomendasi

Terkait