real
        time web analytics

Info

Percantik Resume Meski Tanpa Pengalaman Kerja


TOPCAREER.ID  – Ketika postingan job baru memberikan semangat tersendiri, tapi di sisi lain bingung lantaran tak punya pengalaman kerja untuk mempercantik resume, yah gimana? Apa yang bisa dimasukkan ke dalam resume jika sudah begitu?

Dalam laman The Muse, ada beberapa hal yang bisa membuat resume Anda terlihat memenuhi syarat meski tanpa pengalaman kerja. Pun disertai beberapa trik pemformatan yang akan membantu Anda menampilkan diri sebaik mungkin. 

Keterampilan yang Relevan dan transferable

Sebagian besar resume akan dimulai dengan pengalaman kerja yang relevan. Itu menjadi masalah ketika pengalaman yang relevan bukan yang Anda sukai. Coba mulailah dengan keterampilan yang relevan. Dan jangan bilang kamu tidak punya. 

Anda mungkin memiliki kemampuan yang dapat ditransfer dari pengalaman sebelumnya yang tidak terkait, atau mungkin Anda mengembangkan keterampilan saat di sekolah melakukan proyek akademik. Dalam hal apa pun, jika Anda ingin mengubah karier, coba ikat semua keterampilan Anda bersama dengan ringkasan pernyataan di awal resume Anda. 

Proyek Akademik

Berbicara tentang proyek akademik, penting untuk dicatat bahwa itu adalah permainan yang adil dan harus dimasukkan dalam resume Anda. Hal yang sama berlaku untuk proyek sampingan yang telah Anda tangani di luar pekerjaan atau sekolah. Jangan membuat asumsi bahwa hanya pengalaman bekerja full time dan berbayar yang bisa ada di resume Anda.

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan membuat kategori  "Proyek". Di sini, Anda akan menulis tentang pekerjaan proyek Anda dengan cara yang sama dengan pengalaman kerja Anda. Pikirkan tentang pengalaman yang Anda miliki yang membantu Anda mewujudkan minat karier Anda. 

Apakah itu proyek kelas? Mungkin Anda secara sukarela membantu sesuatu yang pada akhirnya memicu tujuan karier yang baru Anda temukan — pengalaman yang dapat Anda sertakan dalam resume Anda di bawah bagian "Proyek". 

Surat Lamaran Penuh Antusias dan Spesifik

Surat lamaran sangat penting jika Anda tidak memiliki pengalaman yang relevan atau jalur karier yang beragam. 

“Temukan cara untuk menghubungkan passion dan pengalaman hidup Anda dengan perusahaan, lalu jelaskan bagaimana hal itu akan membuat Anda semangat ketika Anda dipekerjakan. Anda akan menemukan bahwa link tersebut persis seperti pengalaman yang dicari oleh pengusaha dari lulusan baru.”

Ini juga berlaku untuk pengubah karir, tetapi Anda juga memiliki sedikit lebih banyak pengalaman untuk bekerja dengannya. Surat pengantar adalah kesempatan sempurna bagi Anda untuk menghubungkan titik-titik antara kebutuhan perusahaan dan keterampilan yang Anda bangun di sepanjang karier Anda. 

 

Rekomendasi

Terkait