real
        time web analytics

Info

Perilaku Buruk yang Bikin Jadi Tak Profesional


TOPCAREER.ID – Menurut pakar pengembangan karier Australia, Sue Ellson, kebiasaan kerja yang buruk seperti tidak memperhatikan instruksi dengan benar dapat menurunkan citra dan etos kerja. Berikut adalah uraian Sue Ellson pada perilaku  yang membuamu terlihat kurang profesional.

Mendengarkan instruksi, namun tidak memperhatikannya

Di sela rutinitas dalam mengerjakan tugas, kamu mungkin diserahkan sebuah tugas baru. Ini bisa membuat konsentrasi menjadi terpecah.

Dalam hal ini, kamu mungkin mendengarkan instruksi namun tidak cukup memperhatikan dikarenakan pikiran pada tugas utama yang biasa dilakukan.

Ini adalah hal yang salah dan membuatmu menjadi kurang profesional khususnya dengan hasil yang kurang maksimal. Cara terbaik adalah memperhatikan dengan kontak mata agar lebih fokus dan berusaha keras untuk mendengarkan perintah.

Menyingkat dan memberikan emoji saat komunikasi

Saat bekerja, hindari menyingkat kata seperti ‘no probs’ yang harusnya ‘no problem’ serta menggunakan bahasa slang seperti ‘top dog’ untuk ‘direktur’.

Selain itu, jangan menambahkan emoji dalam email atau pun sms karena dipercaya dapat mengganggu komunikasi dan membuatmu menjadi kurang profesional. Terlebih lagi, apabila orang yang dihadapi memiliki latar belakang budaya yang berbeda.

Berpakaian kurang sopan

Berpakaian sesuai dengan lingkungan kerja dapat menunjukkan sikap profesionalitasmu. Sue Ellson seperti dilansir dailymail.co.uk mengatakan, baju seperti yang terbuka dan robek-robek dapat memperburuk citra Anda yang dipandang oleh orang-orang di sekitar lingkungan kerja.

Selain itu, kebersihan badan juga harus selalu diperhitungkan setiap saat. Bau badan dipercaya dapat menimbulkan pandangan yang negatif tentangmu.

Lupa sopan santun

Pakar di tempat kerja itu mengatakan bahwa sudah terbukti dari waktu ke waktu, orang-orang yang menyenangkan dan sopan dianggap lebih positif dalam karier. Mengucapkan terima kasih sebagai contoh, telah dicatat sebagai salah satu strategi terbaik untuk menunjukkan sikap sopan santun.

Rekomendasi

Terkait