real
        time web analytics

Info

Posisi Bangku Mobil yang Bisa Mengancam Keselamatan


TOPCAREER.ID – Faktor keamanan dan kenyamanan jadi pertimbangan mengapa mobil jadi salah satu moda transportasi yang populer. Padahal, menggunakan mobil bukan berarti tak memiliki risiko  soal keamanan. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) berusaha mengetahui lebih lanjut mengenai keamanan penumpang dalam kecelakaan mobil.

Dari 117 kasus kecelakaan mobil, diketahui bahwa penumpang yang duduk di kursi belakang cenderung lebih berisiko terluka atau meninggal dunia. Jenis cedera yang paling umum terjadi adalah cedera pada dada yang juga diikuti oleh cedera kepala.

Berdasarkan penelitian IIHS, hal ini terjadi karena saat ini produsen mobil meningkatkan keselamatan penumpang dan pengemudi di kursi depan dengan teknologi airbag terbaru. 

Sementara itu, tingkat keselamatan penumpang pada kursi belakang belum mendapatkan perhatian yang sama dengan keamanan pada kursi depan.

Sebagai contoh, sabuk pengaman di kursi belakang diketahui kurang efisien dan belum tentu semuanya memiliki force limiter. 

Force limiter sendiri berguna saat mengendalikan beban tubuh pengendara atau penumpang agar meminimalisir terjadinya benturan yang fatal pada tubuh manusia.

 

Rekomendasi

Terkait