real
        time web analytics

Info

Ragam Profesi di Industri Esports


TOPCAREER.ID  - Perkembangan olahraga elektronik atau esports yang kian kencang membuka beberapa peluang di industri ini. Apa saja peluang karier yang ada di esports? 

Pelatih 

Seperti olahraga lainnya, esports juga memerlukan bimbingan pelatih untuk mengembangkan strategi jitu. Pelatih juga bertugas menakar kelemahan dan keunggulan lawan, untuk menyipakan strategi timnya. 

Pelatih esports tentu saja harus memiliki pengetahuan lebih dalam soal eSport, termasuk teknik-tekniknya. Selain beberapa profesi di atas, adapula tim pendukung yang juga sangat dibutuhkan. Seperti developer (pengembang) dan teknisi untuk memastikan perlengkapan gaming lebih optimal

Content Creator 

Seiring berkembangnya esports, konten dalam kategori game sangat amat banyak bermunculan, dari bentuk video hingga artikel. Di sinilah content creator akan bertugas mengelola segala konten yang berhubungan dengan game atau esports. 

Caster 

Sama halnya dengan olahraga lain, esports membutuhkan caster atau komentator saat pertandingan. Tugasnya berkomentar saat pertandingan esports berlangsung. Kalian harus memahami seluk beluk game yang sedang dipertandingkan dan wajib memiliki pengetahuan yang luas.

Analisis pertandingan 

Analis pertandingan esports biasanya lebih dari dua orang. Untuk menjadi analis, mereka dituntut benar-benar memahami teknis bermain game. 

Manajer 

Tim Esports merupakan permainan tim. Kekompakan tim diperlukan untuk meraih kemenangan. Di balik para atlet tangguh, dibutuhkan seorang manajer tim yang bertugas mengatur jadwal tim untuk membangun kekompakan.

Manajer harus bisa mencocokan jadwal latihan tim. Ia juga bertanggung jawab penuh untuk timnya, termasuk masalah kontrak pemain, mencari bakat baru, dan memotivasi timnya. 

Rekomendasi

Terkait