real
        time web analytics

Info

Sukses Meniti Karier Sebagai Talent Manager


TOPCAREER.ID – Membantu karier seseroang talent untuk mencapai maksimal ternyata menjadi tugas seseorang yang bisa dijadikan sebagai profesi, yakni Takent Manager. Pada hakikatnya, seorang Talent Manager (atau juga dikenal sebagai Artist Manager, Music Manager atau Band Manager) bertugas untuk membantu menyelesaikan urusan sehari-hari seorang talent. 

Pekerjaan mereka mendukung talent dalam menaiki tangga kariernya. Seperti, membantu memilihkan skrip untuk aktor, atau mencarikan agensi baru, membantu seorang penyanyi memproduksi album rekaman dan mengatur waktu tur mereka. 

Mereka juga mampu mengidentifikasi seseorang yang memiliki bakat tertentu untuk diarahkan langsung kepada pihak-pihak yang dapat mengembangkan talenta mereka lebih baik lagi. Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Talent Manager, berikut ulasannya dilansir dari HAHO.

1. Punya pengalaman dalam dan kecintaan terhadap industri entertainment

Banyak talent manager yang sebelumnya menekuni profesi sebagai performer, atau memang pernah berkecimpung dalam dunia entertainment. Jika kamu memang punya pengalaman seperti di atas, mungkin kamu adalah orang yang tepat untuk menjadi Talent Manager.

2. Pilih tipe talent yang ingin ditekuni

Jika kamu punya passion dalam akting, menjadi Talent Manager seorang aktor adalah pilihan tepat. Jika kamu menyukai atau berpengalaman di banyak bidang entertainment, adalah tepat untuk kamu memilih seseorang yang multi-talenta.

Jangan lupakan kepribadian yang nyaman untukmu diajak bekerja sama. Jika agensi talent biasanya bekerja sama dengan banyak klien, maka seorang manager hanya mewakili satu atau beberapa orang saja. Bisa dibilang bahwa talent yang kamu wakili adalah sahabat terbaikmu.

3. Kembangkan keahlian dan pengetahuan sebagai manager untuk para talent

Tidak ada sekolah khusus menjadi manager untuk talent, namun kamu dapat belajar keahlian khusus melalui sekolah formal. Misalnya Ilmu Marketing, Komunikasi, Public Relations, dan HRD akan membantumu menjadi manager yang mumpuni. Bahkan sekolah seni kreatif dapat memberi pemahaman lebih untuk bekerja sama dengan orang-orang kreatif.

4. Bekerja dengan talent manager yang sudah berpengalaman

Bekerja di dalam sebuah talent management dapat memberi pengalaman berharga bagimu. Atau kamu dapat mempelajari bisnis entertainment dengan bekerja sama dengan produser, sutradara atau casting director. Mulailah dengan bekerja di kota besar dimana kamu dapat terjun langsung dalam industri dengan lebih mudah.

5. Lihat kesempatan untuk melakukan lebih

Sambil melakukan tugas sehari-hari, kamu dapat perlahan belajar untuk mengevaluasi skrip, merencanakan tur atau mengembangkan promo.

 

Rekomendasi

Terkait