real
        time web analytics

Info

Survei: Milenial Antusias Beli Rumah, tapi Enggak Ada Usahanya


TOPCAREER.ID – Rumah.com melakukan survei terhadap para milenial terkait anggaran yang dihabiskan untuk memiliki rumah. Hasilnya, dalam Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1 2019, milenial menjadi konsumen yang paling antusias dalam membeli rumah pada 6 bulan ke depan.

Namun, sayangnya antusias itu tak dibarengi dengan perencanaan keuangan yang matang dalam membeli rumah. Milenial memilih rumah dengan harga menengah dan dekat dengan moda transportasi publik.

Sebuah survei pun menunjukkan, milenial hanya menggagarkan sedikit dari tunjangan hari raya ( THR) untuk membeli rumah.

Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan menyampaikan, berdasar survei tersebut, tak banyak porsi penghasilan tambahan yang dianggarkan milenial untuk membeli rumah, seperti saat Lebaran ketika pekerja memperoleh THR.

Sebanyak 70 persen responden hanya menganggarkan kurang dari 25 persen bonus tahunannya untuk membeli rumah.

Survei ini diikuti oleh 1.000 responden dari kota-kota di seluruh Indonesia. Sebanyak 69 persen responden berasal dari rentang usia milenial (22-39 tahun) yang terdiri dari 34 persen milenial muda (kelahiran 1990-1997), sedangkan 35 persen adalah milenial tua (kelahiran 1982-1989)

“Generasi milenial memiliki niat yang tinggi untuk membeli rumah, namun kurang berusaha, misalnya menabung secara rutin atau menyisihkan pendapatan tambahan seperti bonus dan lain-lain dengan jumlah yang signifikan," kata Ike dalam pernyataannya.

Riset juga menunjukkan, responden pencari rumah pertama, baru berniat punya rumah sendiri setelah menikah. Hal itu menyebabkan, rencana beli rumah maupun usia saat keluar dari rumah orang tua berada pada rentang usia akhir 20-an.

Adapun pencari rumah pertama fokus pada rumah untuk keluarga kecil tanpa atau dengan satu anak. Generasi milenial mempunyai strategi sendiri dalam mengumpulkan uang untuk membeli rumah.

Sebanyak 51 persen milenial menggunakan strategi menabung sebisanya, sementara yang menabung secara rutin ada 49 persen. Sedangkan, 12 persen dari total responden milenial yang berencana membeli rumah mengaku memiliki lebih dari satu pekerjaan demi mewujudkan rencana tersebut.

Rekomendasi

Terkait