real
        time web analytics

Info

Tambahkan Efek Alam di Kantor Biar Kerja Lebih Produktif


TOPCAREER.ID – Penelitian terbaru dari Journal of Environmental Psychology, mencatat bahwa fenomena yang mungkin berasal dari biofilia, keinginan alami manusia untuk terhubung dengan alam, mampu memicu otak lebih santai dan produktif selama di kantor. 

Para peneliti mencatat bahwa hanya menatap gambar pemandangan alam selama 40 detik sudah cukup untuk memicu otak menjadi lebih santai. Kelompok kontrol dalam penelitian ini menatap atap beton, sedangkan subjek uji menatap padang rumput hijau.

Studi lain telah menunjukkan bahwa paparan sensorik alami, seperti suara air yang mengalir atau bau hutan, telah menandai efek pada stres dan faktor fisiologis, seperti detak jantung dan tekanan darah. Secara keseluruhan, keberadaan atau visibilitas tanaman, hewan, dan air harus cukup untuk meningkatkan produktivitas - dan bahkan kesehatan.

Efek-efek alami seperti itu secara sederhana bisa kamu hadirkan di kantor, meskipun kantormu belum mendukung fasilitas seperti air mancur mini atau hutan kecil. Berikut beberapa cara murah yang bisa kamu lakukan untuk menghadirkan suasana alami di perkantoran. 

Masukkan tanaman kantor 

Satu studi dari University of Queensland mencatat bahwa kantor dengan kehidupan tanaman menunjukkan tingkat produktivitas 15 persen lebih tinggi dibandingkan bagian ruangan lain yang tidak diberi tanaman. 

Hanya dengan puluhan ribu rupiah saja, dengan potensi peningkatan produktivitas sebesar 15 persen, hal itu layak menjadi sebuah investasi.

Dapatkan kalender alam 

Ingat, temuan dari Journal of Environmental Psychology menunjukkan bahwa tidak perlu tenggelam dalam alam untuk melihat efek positifnya; hanya gambaran alam saja cukup untuk memicu penurunan stres. 

Dengan demikian, kamu bisa meletakkan beberapa gambar alam favorit dari internet dan mencetak kalendermu sendiri. Atau bahkan mencetak kalender untuk seluruh kantor  sehingga kamu memiliki sesuatu yang alami dan indah untuk dilihat setiap hari.

Bukan cuma dari pemandangan

Kehadiran alam tidak harus dikaitkan dengan penglihatanmu, meskipun pengalaman visual seringkali lebih kuat dari pengalaman sensorik lainnya. 

Alih-alih menggabungkan tanaman dan gambar, pertimbangkan mendengarkan soundcapes alami, seperti kicau serangga, ombak bergulir atau suara hutan kosong, sebagai latar belakang selama bekerja. Kamu juga bisa menggunakan penyegar udara atau minyak esensial yang mengingatkan pada alam.

 

Rekomendasi

Terkait