real
        time web analytics

Info

Tips Agar Kamu Berpengaruh di Kantor


TOPCAREER.ID – Bukan rahasia lagi tak sedikit atasan yang tidak berpengaruh dan tidak dihargai bawahannya. Lantas bagaimana tips untuk menjadi orang berpengaruh dan dihargai di tempat kerja? Berikut ini beberapa tips dari Lifehack.org, yang mungkin bisa kamu terapkan terkait hal tersebut.

Jadilah pendengar yang baik

Komunikasi yang baik terdiri dari berbicara dan mendengar. Keduanya harus sama porsinya. Jangan terlalu sering berbicara tanpa berusaha untuk mendengar.  Menjadi pendengar yang baik akan membuat lawan bicaramu merasa dihargai dan mereka akan mengingat hal tersebut sebagai sebuah kebaikan.

Cara pandang yang luas

Untuk menjadi orang yang berpengaruh, kamu harus memiliki cara pandang yang luas terhadap segala hal di tempat kerja. Dengan cara pandang yang luas, orang di sekitarmu juga akan melihat karakter dan harapanmu dalam bekerja, tujuanmu bekerja, dan bagaimana pandanganmu itu bermanfaat bagi perusahaan atau rekan kerja.

Bangun koneksi dengan orang lain

Ketika kamu bekerja, jalinan hubungan dengan orang-orang di lingkungan pekerjaan akan membawa banyak keuntungan. Orang-orang akan lebih mudah terpengaruh pada kamu ketika mereka mengenal dan nyaman secara personal. Jadi, carilah teman dan bangun koneksi seluas mungkin.

Terhubung secara emosional

Banyak orang yang berpikir bahwa kinerja yang ditentukan oleh angka dan grafik adalah hal yang paling berpengaruh. Padahal terhubung dengan orang lain secara emosi akan lebih berpengaruh ketimbang angka di atas kertas. Orang senang dengan hubungan yang terikat secara emosional. Untuk hal ini kamu perlu menjadi lebih terbuka dan tulus untuk menjalin persahabatan dengan rekan kerja.

Bangun kredibilitas

Rekan kerjamu akan lebih mudah terpengaruh ketika mereka melihat kelebihan dan kredibilitasmu. Karena itu, teruslah belajar dan berjuang untuk membangun kredibilita dalam bidang yang kamu geluti. Setiap perkembangan ke arah yang lebih baik akan membuat orang lain menilaimu lebih.

Bekerja keras dan konsisten

Jika performamu tetap konsisten dan kamu dikenal sebagai orang yang bekerja keras, mereka pasti secara natural menghargaimu. Bekerja keras bukan berarti bekerja sepanjang hari, tetapi kamu bekerja lebih baik dari orang lain di kantormu.

Menolong orang lain untuk sukses

Jangan berpikir untuk sukses sendiri. Orang yang berpengaruh dan dihargai di kantor pasti memiliki harapan akan kesuksesan rekan kerjanya juga. Karena itu, gunakan pengaruh kamu untuk menolong orang lain meraih kesuksesannya. Orang yang kamu tolong pasti akan selalu menghargaimu.