real
        time web analytics

Info

Tips Jaga Kesehatan Saat Mudik Versi Kementerian Kesehatan


TOPCAREER.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ikut mengawal kelancaran mudik 2019 lewat berbagai bentuk dukungan. Setidaknya ada 6.047 fasilitas layanan kesehatan yang lebih banyak dari tahun lalu. Kemenkes juga memberikan tips menjaga kesehatan saat mudik. 

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr Bambang Widodo menyatakan bahwa Bentuk kesiapsiagaan yang dipersiapkan oleh Dinkes. Pos kesehatan di jalur mudik ada fasilitas kesehatan seperti puskesmas, RS, pos kesehatan sementara saat arus mudik dan balik. 119 PSC juga bisa diakses sebagai layanan konsultasi dan ambulans.

Selain antisipasi dari pemerintah, menjaga kesehatan juga bisa dimulai dari diri kita sendiri saat mudik. Berikut adalah tips sehat dari Kemenkes bagi para pemudik:

1. Sebelum mudik, periksa kesehatan terlebih dahulu, apalagi jika memiliki riwayat atau keluhan terhadap penyakit tertentu. Jangan abaikan hal ini meski merasa sehat dan prima.

2. Siapkan obat-obatan pribadi yang kira-kira dibutuhkan selama perjalanan maupun di tujuan. 

3. Bila mudik menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum, periksa kondisinya terlebih dahulu agar layak dan tidak membahayakan penumpang dan mobil lainnya di jalur mudik.

4. Jaga makanan agar terhindar dari berbagai penyakit. Hindari makanan pedas dan bersantan, dan perbanyak makan buah-buahan terutama untuk pengemudi, seperti jeruk, pisang, mangga, belimbing atau apel. Kurangi makanan tinggi kalori dan lemak agar stamina selama berkendara tetap terjaga.

5. Istirahat yang cukup agar mencegah timbulnya penyakit dan tidak fit. Setidaknya istirahatlah setiap 4 jam sekali untuk pengendara mobil dan 2 jam sekali untuk pengendara motor dan lakukan peregangan tubuh selama 10-15 menit. 

6. Menjaga emosi dan konsentrasi selama perjalanan agar dapat memperhatikan rambu-rambu lalu lintas selama berkendara. Macet dan waktu tempuh yang lama bisa memicu kelelahan fisik dan mental.

7. Jika lelah dan mengantuk, jangan paksakan untuk menyetir. Cari tempat istirahat atau rest area dan usahakan mengambil waktu untuk istirahat atau tidur minimal 15-30 menit. Bila di perjalanan sakit, segera mencari pos kesehatan terdekat.

8. Kendaraan tidak melebihi muatan yang layak, terutama jika menggunakan kendaraan roda dua.

9. Buanglah sampah tempatnya. Bambang menyarankan untuk membawa sendiri botol minum yang sudah diisi untuk mengurangi limbah plastik. Selain itu jangan buang air di sembarang tempat, gunakan toilet yang tersedia.

10. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum makan.

 

Rekomendasi

Terkait