real
        time web analytics

Info

Tips Jepret Momen Dramatis untuk Sport Fotografi


TOPCAREER.ID – Ketika gemar dalam menonton pertandingan olahraga, biasanya Anda akan sangat tertarik dengan momen-momen dramatis di setiap aksi atlet. Sport fotografi jadi salah satu media yang mampu menangkap momen dramatis itu. 

Jika Anda ingi menjadi jagoan di sport fotografer, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. 

Gunakan ISO Tinggi

Saat Anda menemukan momen yang sempurna tapi lighting di sekitarnya kurang mendukung? Dengan meningkatkan ISO di kamera, Anda bisa memotret dengan kecepatan shutter tinggi sehingga bisa mendapat momen tersebut.

Mencoba Hal Baru

Usahakan untuk tetap orisinil dan terus mencoba sesuatu yang baru, misalnya dari angle, background, dan lokasi yang unik. Untuk melatih hal ini, Anda tak harus mendatangi event olahraga profesional. Bahkan dengan memotret acara kompetisi olahraga lokal, Anda bisa mengasah keahlian sport fotografi.

Jangan Lupakan Atmosfir Sekitar

Baik memotret event olahraga di stadium atau ruang ganti pemain, Anda harus tetap bisa menangkap emosi dalam setiap foto yang diambil. Selain pemain, Anda juga bisa mengambil foto-foto ekpresi wasit dan juga fans yang terlihat antusias. Banyak pula momen menarik yang bisa diambil sebelum permainan dimulai.

Persiapkan Diri dengan Baik

Melihat banyaknya momen yang bisa diambil dalam sebuah event olahraga, Anda juga pastinya bakal membawa peralatan fotografi yang banyak. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa membawa tas kamera sesuai kebutuhan, dan belt untuk mempermudah Anda dalam mengganti lensa.

Bawalah Lensa yang Sesuai

Dalam sport photography, Anda harus menggunakan lensa yang sesuai, misalnya seperti lensa 300mm atau 70/200mm. Dengan begitu, Anda bisa mengambil foto yang sempurna. Lensa Canon EF 300mm, salah satu lensa yang tepat untuk sport photography. 

Gunakan Shutter Speed Rendah

Karena momen-momen dalam olahraga seringkali bersifat instan, Anda disarankan untuk menggunakan shutter speed rendah untuk mendapatkan momen-momen tersebut, misalnya seperti 1/700 hingga 1/1000. Shutter speed rendah penting untuk menangkap momen cepat. 

Jangan Terlalu Sering Melihat Hasil Jepretan

Tips satu ini juga penting untuk diingat, ya. Anda tak harus melihat tiap hasil jepretan di layar kamera. Banyak momen menarik yang muncul ketika event olahraga berjalan, dan pastinya Anda tak ingin kelewatan. Tenang aja, Anda bakal punya banyak waktu buat melihat foto-foto setelah permainan.