real
        time web analytics

Info

Waktu Terbaik untuk Foto Model


TOPCAREER.ID – Kadang, tak setiap waktu bakal menghasilkan jepretan kamera yang sempurna. Ada waktu-waktu yang tepat untuk memotret, apalagi untuk fotografi model. Untuk foto model outdoor, coba cari waktu-waktu blue hour.

Blue hour merupakan waktu-waktu yang bisa menghasilkan foto yang bagus, baik fotografi model, maupun fotografi landscape yang mengedepankan pemandangan. Efeknya bisa bikin background foto langit kebiru-biruan. 

“Blue hour itu artinya jam-jam di mana 1 jam sebelum matahari terbit, 1 jam sebelum dan sesudah matahari terbenam. Pokoknya satu jam sebelum atau sesudah matahari terbit dan terbenam. Itu langit akan lebih biru,” kata profesional fotografer model, Charles Widjaja. 

Warna langit di waktu blue hour itu bisa menghasilkan foto yang eksotik. Apalagi waktunya yang tak berjauhan dengan waktu sunrise dan sunset sehingga selalu dinantikan para pemburu foto. Untuk fotografi model, subjek biasanya akan dibuat siluet.

Sementara, tambah Charles, bagi fotografer pemula, hindari mengambil foto pada pukul 12.00-15.00 karena cahaya matahari sangat keras di jam itu. Untuk foto dengan subjek, memotret di jam-jam ini hasilnya bisa menimbulkan shadow atau bayangan yang menggangu. 

“Karena kalau matahari ada di atas, kemudian model di tengah lapangan tanpa ada naungan, maka cahaya matahari direct ke modelnya. Biasanya model itu kalau sudah di-make up pakai bulu mata misal, nah saat matahari di atas, itu bisa menciptakan shadow. Kasar,” ujar Charles. 

Charles juga menyampaikan efek dari memotret di jam-jam itu, akan sulit jika ingin memperoleh background langit yang indah. Apalagi jika memotret subjek dengan teknik backlight, maka hasil foto akan menunjukkan background langit yang hanya putih terang saja, tanpa awan-awan. 

Charles lebih menyarankan memburu foto di waktu sore hari dengan langit yang bagus. Akan paling gampang baginya, ketika cahaya matahari tidak terlalu tinggi. 

“Jadi, kurang lebih matahari sudah sederajat sama kita, sehingga shadow enggak terlau keras. Dan cahaya mulai lembut, jadi kita bisa dapat langit yang lebih wah. Karena eksposure kita sama eksposure sekeliling mirip.”

 

Rekomendasi

Terkait