real
        time web analytics

Info

WhatsApp Batasi Forwarded Message, Begini Cara Kerjanya


TOPCAREER.ID – Mulai hari ini (22 Januari 2019), WhatsApp menerapkan kebijakan pembatasan pesan terusan atau forwarded message. Sebuah sebuah pesan di WhatsApp hanya bisa diteruskan sebanyak 5 kali. Bagaimananya cara kerjanya dan apa tujuannya

WhatsApp menilai perilaku pengguna WhatsApp yang gemar meneruskan pesan terbilang sudah mengkhawatirkan. Victoria Grand, VP Public Policy & Communications WhatsApp, mengungkapkan 10 persen pesan yang ada di WhatsApp merupakan pesan terusan (forwarded) yang tidak tahu dari mana asal usulnya, sementara 90 persen pesan berasal dari kiriman personal atau one-to-one.

"Untuk mengurangi kemungkinan viralnya sebuah pesan di WhatsApp, kami telah menurunkan batasan jumlah pesan yang bisa diteruskan menjadi hanya ke lima nomor WhatsApp. Harapannya ini bisa mempersulit upaya orang-orang tidak bertanggung jawab yang ingin sebuah berita palsu menjadi viral," kata Victoria.

Kondisi ini membuat informasi hoaks yang tersebar lewat pesan terusan sulit dikendalikan. Guna menekan hoax, WhatsApp pun mengambil kebijakan tersebut.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menyambut baik kehadiran fitur ini dan menilai langkah tersebut dapat menekan viralitas konten hoaks yang dibagikan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

"Mengapa kita harus membatasi pesan forward ini? Ini untuk mengurangi potensi viralnya hoaks," kata Rudiantara dalam jumpa pers. "Saya menghormati kebijakan ini dari WhatsApp."

Apa yang dilakukan WhatsApp, disebut Rudiantara menunjukkan keseriusan perusahaan untuk menciptakan pasar yang kondusif dan berkelanjutan, tidak sekadar ingin berbisnis.

Lantas bagaimana hitungan pembatasan terkait hal tersebut. Sederhananya, ketika seseorang mendapatkan sebuah pesan di WhatsApp, maka pesan itu hanya bisa diteruskan ke 5 kontak, baik itu kontak individu maupun grup obrolan. Adapun, group chat di sini masih dinilai 1 kali pesan terusan oleh WhatsApp, sekalipun grup tersebut diisi oleh 50 orang

Ketika sebuah pesan akan di-forward ke lima orang sekaligus, maka pesan tersebut masih bisa diteruskan. Tetapi ketika suatu pesan di-forward ke enam orang, maka bakal muncul sebuah pesan pop-up yang menyatakan "You can only share with up to 5 chats" atau "Anda hanya dapat berbagi dengan hingga 5 chat."

Rekomendasi

Terkait