real
        time web analytics

Info

Yang Diurus HRD Ketika Karyawan Kerja di Luar Negeri


TOPCAREER.ID – Biasanya sebelum memberangkatkan karyawan ke luar negeri, perusahaan akan mengurus segala macam kebutuhan agar pekerjaan di negara tujuan bisa berjalan lancar. Nah, urusan menerbangkan karyawan ke luar negeri itu akan banyak ditangani oleh human resources departement (HRD).

Healix International, yang menyediakan solusi manajemen kesehatan dan risiko untuk klien dalam skala global, telah menyoroti bahwa staf yang bekerja di luar negeri menghadapi risiko yang sangat spesifik yang perlu ditangani oleh manajer HRD. 

Dikatakan bahwa kesulitan dapat dikurangi oleh para profesional HRD yang melakukan penilaian terperinci atas kesesuaian untuk jabatan dan persiapan menyeluruh dari individu tersebut. 

“Hidup jauh dari orang-orang dan tempat-tempat yang akrab dapat menjadi tantangan bagi siapapun, dan tantangan itu dapat diperburuk bagi pekerja dengan masalah psikologis yang sudah ada sebelumnya,” kata Dr Simon Worrell, Kepala Komunikasi Medis di Healix International. 

Ia menambahkan, sspek negatif bekerja di luar negeri bisa lebih terasa bagi siapapun yang memiliki masalah kesehatan mental. Namun, profesional HRD dapat melakukan banyak hal untuk menawarkan dukungan yang dibutuhkan orang untuk membuat langkah yang sukses.

Perusahaan mengatakan bahwa langkah penting yang harus diambil sebelum karyawan ditempatkan di luar negeri adalah penilaian medis yang mencakup kesehatan mental dan kesejahteraan fisik. 

Dikatakan bahwa proses izin medis akan memastikan kesesuaian karyawan untuk penempatan kerja, sementara penilaian pra-posting (penempatan) akan membantu mengidentifikasi persyaratan pengobatan. Hal ini memungkinkan pemberi kerja untuk memastikan negara tujuan cocok untuk penempatan, karena beberapa negara memiliki batasan tertentu jenis obat.

“Bekerja di luar negeri dapat membawa imbalan yang besar, tetapi juga menghadirkan tantangan yang signifikan. Intervensi HRD yang efektif membantu pekerja mempersiapkan diri menghadapi kesulitan yang mungkin terjadi dan menawarkan mereka dukungan yang diperlukan,” kata Dr. Worrell.

Sangat penting bahwa HRD bisa memastikan kelancaran kerja karyawan  saat sebelum, selama dan setelah penempatan kerja karyawan. Juga terkait masalah pekerjaan serta kehidupan di luar pekerjaan, untuk memastikan kesejahteraan secara keseluruhan dan meningkatkan kemungkinan penempatan yang sukses. 

Program pendidikan dan pelatihan persiapan sebelum keberangkatan bisa sangat berharga. Dengan intervensi pihak HRD yang efektif, pekerja tidak hanya dapat dipersiapkan untuk kesulitan yang mungkin terjadi, tetapi juga didukung jika masalah muncul.

 

Rekomendasi

Terkait