Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Perjuangan Bidan Tekan Angka Kematian

Ilustrasi

Lingkup Kerja Bidan

Banyak orang mengetahui, kerja bidan hanya sebatas membantu persalinan ibu melahirkan. Padahal, mulai dari imuniasi, perawatan ibu hamil, program Keluarga Berencana (KB) hingga kesehatan reproduksi perempuan merupakan ruang lingkup kerja seorang bidan.

“Setelah melahirkan, kemudian pemeriksaan bayinya hingga imunisasi, itu bidan juga. Bayi 9 bulan kan imunisasi sampai 5 tahun. Penimbangan juga kan masih sama bidan. Terus ibunya sampai KB juga bidan yang menangani,” jelas Rosmiyati.

Bahkan menurut Een sebagai bidan praktik mandiri, lingkup kerja bidan juga melakukan penyuluhan terkait kesehatan ibu dan anak, serta alat reproduksi. Misalnya, cara berpakaian yang baik untuk menjaga kesehatan perempuan, lalu cara menggendong bayi yang benar, dan penanganan yang tepat untuk bayi sakit.

“Kapan anak itu menangis, lapar atau haus, bisa aja sakit kepala, bisa badannya pegal. Jadi, dari cara gendong, ada akibatnya kalau salah gendong. Cara memandikannya, kapan dikasih imunisasinya, apa aja yang harus diberikan kepada bayi,” ucap Een.

Leave a Reply