TopCareerID

Ingin Jadi Pemimpin Sukses di Dunia Kerja? Begini Caranya

TOPCAREER.ID Di balik sebuah perusahaan sukses, pastilah ada pemimpin yang baik yang memimpinnya. Para pemimpin ini adalah orang-orang yang memiliki visi dan misi yang jelas. Mereka punya kreativitas tinggi, pandai mendelegasikan tugas kepada bawahannya tanpa lupa mengawasi dan mengarahkan mereka agar tercapai tujuan perusahaan.

Pemimpin yang hebat di sebuah perusahaan tidak lahir begitu saja. Mereka sudah melalui berbagai macam pengalaman dalam dunia kerja, dan mereka sudah berhasil melewati banyak rintangan. Mereka teah mencapai level tertinggi dalam mengkombinasikan kreativitas, antusias, dan kepercayaan diri untuk memimpin perusahaan.

Ingin menjadi pemimpin yang sukses? Tidak cukup hanya memiliki kualitas diri yang baik dan tegas kepada bawahan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar sukses menjadi pemimpin yang baik dan sukses. Dilansir dari Insperity.com, berikut caranya:

1.Bangun kepercayaan
Seorang pemimpin yang baik akan selalu berusaha membangun kepercayaan dengan anak buahnya. Antara pemimpin dan anak buah merasa mereka saling support. Untuk mempraktiikkannya seringlah terjun bergabung ke dalam aktivitas harian anak buah. Beri mereka semangat dan dukungan, libatkan mereka dalam pengambilan keputusan, dan akui hasil kerja mereka. Jika baik berikan pujian, jika dirasa kurang, beri arahan agar bisa maksimal.

2.Komunikasi dua arah
Buat meeting secara berkala dengan bawahan. Bisa mingguan atau bulanan. Saat meeting digelar, ajak bawahan untuk saling sharing mengenai apa saja pencapaian dan kendala yang mereka dapat. Jangan berikan tanggapan yang menyudutkan. Tunjukan respek kepada mereka sehingga tercipta komuniasi dua arah yang baik dan bisa menemukan solusi yang tepat apabila ada kendala.

3.Jadilah mentor
Sebagai pemimpin, selain harus pandai mengambil keputusan yang tepat, harus bisa juga menjadi seorang mentor bagi para bawahannya. Pemimpin yang baik tidak akan segan-segan untuk membagikan ilmunya kepada para bawahannya. Dengan begitu bawahan bisa merasa terinspirasi dan mereka juga bisa mengembangkan diri untuk nantinya bisa menjadi pemimpin yang baik.

4.Bertanggung jawab
Tidak mudah untuk bisa mempertanggungjawabkan pekerjaan dengan pengambilan keputusan yang krusial. Kita semua hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Apabila sudah melakukan kesalahan dalam pengambilan keputusan, jangan mengalamatkan semua kesalahan pada bawahan, beranilah bertanggung jawab. Beri contoh positif pada bawahan dengan menunjukkan tanggung jawab.

5.Beri pengaruh positif
Dalam memimpin harus bisa memberi pengaruh yang positif pada bawahan. Caranya, delegasikan tugas dengan jelas, semangati mereka dengan hal positif. Jangan ragu untuk menanyakan apa yang bawahan butuhkan, lalu majulah bersama sebagai satu tim yang solid, pemimpin yang baik selain memberi pengaruh positif, mereka juga akan terjun langsung untuk menyelesaikan tugas bersama dengan anak buah, tidak hanya bisanya memerintah tanpa ikut berusaha bersama.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar sukses menjadi seorang pemimpin yang baik, yang bisa menjadi role model bagi bawahan. Jadilah pemimpin yang selalu ingin belajar mengembangkan diri dan tim serta memiliki keinginan dan tekad yang kuat untuk maju bersama.*

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version