Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Kenali Dulu Peralatannya Sebelum Mulai Siaran Radio

Vintage microphone and headphones with signboard on air. Broadcasting radio station concept.

Audio mixer
Alat ini memang kelihatan paling rumit dipakai kalau masuk ruang siaran. Audio mixer merupakan alat pengendali suara yang akan dikeluarkan ke udara. Penyiar tentu harus mengetahui bagaimana cara kerja alat ini agar siaran berjalan lancar.

Ada channel atau tombol-tombol yang harus kamu pahami setiap fungsinya. Misal, ada channel microphone, channel komputer, hybrid telepon, perangkat relay, dan sebagainya.
Ada juga fader, yakni tombol yang biasanya digerakkan dari bawah ke atas. Perhatikan pula lampu/layer level indikator pada mixer untuk mencocokkan intensitas volume lagu dan microphone.

Telepon hybrid
Tahu dong, kalau penyiar radio suka berkomunikasi langsung dengan pendengarnya melalui sambungan telepon? Nah, di sinilah fungsi telepon hybrid bermain. Semula memang telepon biasa, namun karena terdapat alat hybrid yang mengkonversi telepon ke mixer siaran, sehingga bisa berkomunikasi langsung dengan pendengar di luar sana.

Namun, utuk mengantispasi bunyi-bunyi yang mengganggu pendengar, maka hybrid ini baru akan diaktifkan sebelum fader mixer digeser ke atas.

Leave a Reply