Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Kenali Dulu Peralatannya Sebelum Mulai Siaran Radio

Software
Nah, biar siaran berjalan lancar dari awal sampai akhir, ada software yang memang umum digunakan oleh radio di Indonesia selama siaran. Software itu namanya Matrix Automation Radio Software. Gunanya untuk mengatur semua data terkait lagu, script, jingle, insert, dan lain-lain, yang kemudian diolah menjadi informasi yang hasilnya dinikmati pendengar.

Paket software ini terdiri dari 6 modul (6 software), di antaranya modul onair, modul traffic, modul music director, modul produksi, modul SMS, dan modul news. Meski memang, tidak semua radio menggunakan software ini, tapi Matrix dan RCS menjadi software yang paling umum digunakan.

Komputer
Kalau ada software tentu harus ada komputernya. Selain untuk mengoperasikan software radio, komputer yang sudah didukung oleh internet juga bisa menjadi media interaksi penyiar dengan pendengar lewat sosial media.

Studio Transmitter Link (STL)
Alat ini fungsinya untuk memancarkan siaran dari studio ke pemancar yang berada di tempat lain. Jika stasiun pemancar atau stasiun radio berada di dataran rendah atau berada di tengah kota di antara gedung-gedung tinggi, maka di sini fungsi STL sangat dibutuhkan.

Media STL ini ada beberapa jenis, ada yang berupa landline atau dengan kabel, ada pula berupa sinyal berfrekuensi radio secara analog maupun digital.*

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply